Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP: Mobil VW Cabrio Sudah Menjadi Identitas Pariwisata Kabupaten Magelang

Dilihat 1516 kali
Usai meresmikan paket strategis dan penyerahan tali asih kepada atlet dan pelatih berpresatsi, Bupati Zaenal Arifin naik VW Cabrio menuju lokasi penataan daya tarik wisata Taman Wisata Air Kalibening.

BERITAMAGELANG.ID-Mobil VW Safari Cabrio, kini menjadi identitas pariwisata di Kabupaten Magelang. Bagi wisatawan yang datang ke Magelang, Jawa Tengah, belum naik mobil yang pernah menjadi kendaraan dinas camat di tahun 1970-an untuk keliling Kawasan Desa Borobudur, terasa tidak lengkap.

"Setiap saya ke Jakarta urusan dinas, para pejabat selalu bertanya tentang sensasi mobil VW yang menjadi armada untuk keliling destinasi wisata di Magelang," ujar Bupati Magelang, Zaenal Arifin saat naik mobil VW meresmikan pembangunan Penataan Daya Tarik Wisata Taman Wisata Air Kalibening, Payaman, Kecamatan Secang, Rabu (27/12-2023) petang kemarin.

Artinya, mobil merek Volkswagen yang secara resmi berkiprah di Indonesia sejak tahun 1952 dan eksis hingga tahun 1971 ini, sudah menjadi ikon atau identitas pariwisata di Kabupaten Magelang, sehingga wisatawan nusantara, termasuk yang datang dari Jakarta, selalu menggunakan mobil VW sebagai alat transportasi wisata keliling pedesaan.

Sebelum naik VW, Bupati Zaenal Arifin meresmikan paket strategis dan menyerahkan tali asih kepada para atlet dan pelatih berprestasi tahun 2023. Ada enam paket yang diresmikan, meliputi pembangunan Gedung Kantor Kecamatan Sawangan, Kantor Kecamatan Srumbung, Jembatan Desa Paten, Kecamatan Dukun, rehabilitasi ruang kelas SMPN 1 Secang, Sport Center (Gor Multi Event) dan Penataan Daya Tarik Wisata Taman Wisata Air Kalibening.

Untuk menuju penataan Taman Wisata Kalibening, Zaenal Arifin naik mobil VW bersama instrinya yang juga Ketua Dekranasda Christanti Handayani Zaenal Arifin, kemudian robongan mobil berikutnya ditumpangi Sekda Kabupaten magelang Adi Waryanto bersama istri, pada Asisten, staf Ahli Bupati serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Menurut Bupai Zaenal Arifin, pada libur Tahun Baru 2024, menjadi momentum bagi pelaku wisatawan di Kabupaten Magelang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan, dan sekaligus melakukan promosi destinasi wisata kawasan penyangga Borobudur.

Adalah langkah strategis untuk menguatkan pariwisata penyangga Borobudur, dengan memberikan pelayanan terbaik, jangan sampai pelaku wisata, terutama komunitas VW mengecewakan wisatawan. "Pelayanan adalah kunci menjadikan salah satu upaya menarik wisatawan," ujar Zaenal Arifin.

Destitasi wisata di kawasan penyangga Borobudur, punya peran penting dalam memperkuat ketahanan sosial, dan budaya masyarakat untuk membangun ekonomi warga agar sejahtera dan mandiri.

Pengelolaan destinasi wisata, perlu dilakukan penguatan agar destinasi wisata di Kabupaten Magelang, benar-benar siap menghadapi limpahan wisatawan yang datang dari luar daerah. Karena apapun, ke depan pelaku wisata menghadapi destinasi super prioritas.

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, mempunyai potensi sangat besar, maka pengunjung yang datang harus ditangkap dengan menyiapkan langkah statregis, yakni menguatkan potensi destinasi wisata yang mumpuni, sehingga harus difasilitasi melalui promosi destinasi wisata.

Potensi wisata di Kabupaten Magelang sangat banyak, daerah yang dikelilingi pegunungan dengan udara sangat sejuk, pemandangan alam yang indah, sehingga potensi yang dimiliki, tidak kalah dengan daerah lain.

Untuk itu, destinasi wisata terus dipromosikan, baik melalui pemberitaan maupun tulisan positif di media sosial, sehingga potensi wisata bisa semakin terangkat. "Yang jelas, destinasi wisata di Kabupaten Magelang, sangat layak untuk dikunjungi," kata Bupati Zaenal Arifin.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar