Diduga Ada Percikan Api, Oven Pabrik Kayu Hangus Terbakar

Dilihat 2009 kali
BERITAMAGELANG.ID - Dua oven di pabrik pengeringan kayu Margo Rukun, milik Yahya Haryoko, di Dusun Ngabean, Desa Sidowangi, Kecamatan Kajoran, Magelang, Jawa Tengah, hangus dilalap si jago merah sekitar pukul 05.10 WIB, Minggu (10/06).

Kronologi terjadinya kebakaran diduga karena oven pemanas kayu yang disalurkan melalui blower mengalami percikan api, sehingga menyambar tumpukan kayu yang sedang dalam proses pengeringan. Kemudian api membakar seluruh kayu dan sejumlah bagian bangunan pada pabrik pengeringan kayu tersebut.

"Awalnya karyawan pabrik tersebut mencoba melakukan proses pemadaman, namun karena api tidak bisa dipadamkan, maka langsung menghubungi pihak Damkar Magelang. Mendengar laporan tersebut, kami langsung mengirimkan 11 unit mobil pemadam kebakaran," kata Kepala Pelaksana Damkar Kabupaten Magelang, Heri Prawoto, saat dikonfirmasi pagi ini.

Tiba di TKP, petugas langsung melakukan proses pemadaman pada titik api, yakni pada oven yang mengalami kebakaran. Kurang lebih 2 jam, api baru bisa dipadamkan.

"Akibat dari peristiwa kebakaran tersebut, 2 oven pengering kayu terbakar bersama tumpukan kayu yang akan dikeringkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini," lanjutnya.

Hingga saat ini, TKP kebakaran masih dalam proses pendinginan. Diperkirakan jumlah kerugian yang diderita pemilik pabrik dari peristiwa kebakaran tersebut sekitar Rp. 300.000.000.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar