Distribusi Logistik Pilkada Magelang Terkendala Medan Berat

Dilihat 1534 kali
KPU Kabupaten Magelang mendistribusikan logistik Pilgub dan Pilbup, Jumat dan Sabtu (22-23/06).

BERITAMAGELANG.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang Afifudin mengatakan distribusi logistik perlengkapan pemungutan suara untuk Pilkada serentak ke beberapa desa di pegunungan, terkendala medan berat dan cuaca. 

"Kendala di lapangan ada, nanti saat penyaluran logistik ke tempat tempat pemungutan suara (TPS). Beberapa TPS lokasinya ada yang terpencil di pegunungan. Sehingga proses distribusi harus diperhitungkan dengan cermat," kata Afifudin saat ditemui BeritaMagelang.id, Jumat (22/06). 

Distribusi logistik Pilkada Kabupaten Magelang mulai dilaksanakan pada Kamis (21/06). Sebanyak 2.629 kotak suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 didistribusikan ke 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang. Distribusi kotak suara dikawal ketat oleh aparat kepolisian. 

Logistik yang didistribusikan antara lain kotak suara sebanyak 2.629 buah yang berjumlah sama dengan jumlah TPS, surat suara, tinta, segel untuk TPS dan PPK, sampul dan formulir pada pemilihan nanti.

Agar tidak rusak akibat hujan dan angin, dalam distribusi KPU menggunakan 10 truk bertutup terpal. Surat suara juga dibungkus dengan kantong plastik pada setiap pendistribusian. 

Menurut Afifudin, pihaknya secara resmi belum mendata sejumlah TPS yang menjadi perhatian khusus tersebut. Secara geografis sebagian pemukiman di wilayah Kabupaten Magelang berada di lereng gunung Sumbing Merapi, Merbabu, Andong, dan Menoreh. Selain pengamanan, faktor keselamatan petugas PPS dalam melakukan distribusi juga menjadi penting mengingat TPS tersebut memiliki jalur terjal. 

"Secara rinci kita belum mendata. Namun misal TPS Dusun Selorejo Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman, jalan ke dusun itu sangat terjal. Demikian juga jalan ke TPS di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur sangat sulit dilewati. Distribusi lebih mudah melalui Jagalan Kulonprogo," lanjutnya. 

Kondisi itu, lanjut Afifudin, tidak mengubah rencana distribusi. KPU mempercayakan moda transportasi dan keamanan kepada Petugas Pemungutan Suara (PPS) setempat. 

"Pengamanan tetap sama tidak ada penambahan, kita optimis mengandalkan petugas PPS yang sudah lincah dan paham dengan kondisi medan," pungkasnya.

Sementara itu, distribusi logistik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Magelang akan dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (23/06), usai debat calon Bupati dan Wakil Bupati tahap ketiga yang digelar Jumat (22/06).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar