Evaluasi Register Risiko, Proses Penting dalam Manajemen Risiko

Dilihat 2499 kali

BERITAMAGELANG.ID - Evaluasi Register Risiko merupakan proses penting dalam manajemen risiko. Proses tersebut bertujuan untuk memahami sejauh mana pemerintah daerah telah mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko-risiko perangkat daerah.


"Sebelumnya masing-masing perangkat daerah Kabupaten Magelang menyusun register risiko yang berisi data risiko yang diidentifikasi oleh masing-masing perangkat daerah," ujar Inspektur Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, dalam keterangan rilis, Selasa (19/9/2023)


Dalam manajemen risiko, proses yang dilakukan dalam evaluasi risiko antara lain menguji efektivitas penerapan manajemen risiko yang dilakukan oleh perangkat daerah dan memberikan rekomendasi perbaikan pada kecukupan dan infrastruktur penerapan Manajemen Risiko. Ruang lingkup evaluasi yaitu pengujian kewajaran pernyataan risiko, penilaian risiko serta rencana tindak pengendalian yang dibuat oleh perangkat daerah.


Iwan Sutiarso menyampaikan dalam rangka meningkatkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif, perlu dilakukan pemberian peringatan dini dan peningkatan efektivitas manajemen risiko dalam pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah. Dirinya memberikan pengarahan mengenai pentingnya pengawasan berbasis risiko yang akan disusun oleh Inspektorat sebagai rencana audit tahun 2024.


"Dasar penyusunannya merupakan data risk register yang telah disusun perangkat daerah dan selanjutnya dievaluasi oleh APIP," terangnya.


Lebih lanjut, Iwan menjelaskan pengawasan berbasis risiko menjadi solusi perencanaan pengawasan yang efektif berdasarkan pada risiko yang telah diidentifikasi oleh perangkat daerah. Kegiatan Evaluasi Register Risiko yang dilaksanakan merupakan salah satu pelaksanaan milestone dari proyek perubahan yang diusulkan oleh Inspektur Kabupaten Magelang dalam rangka memenuhi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II. 


Proyek perubahan yang sedang dilaksanakan berjudul Strategi Peningkatan Kualitas Pengawasan Intern Pemerintah Daerah Melalui Program Kerja Pengawasan Tahunan Berbasis Risiko di Kabupaten Magelang.


Evaluasi Kertas Kerja Manajemen Risiko Tahun 2024 digelar di Hotel Crystal Lotus Yogyakarta pada 6-8 September 2023 sesuai Surat Perintah Tugas Inspektur Kabupaten Magelang Nomor 094/89/03/2023 tanggal 4 September 2023.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar