Hari Kartini, SMP Pendowo Ngablak Gelar Bakti Lingkungan

Dilihat 318 kali

BERITAMAGELANG.ID - R.A. Kartini merupakan salah satu pahlawan perempuan Indonesia, yang berkat pemikirannya, membuat emansipasi wanita kian meluas dan peran perempuan Indonesia semakin meningkat. Melalui bukunya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, ia menuliskan gagasan dan cita-citanya untuk memajukan kaum perempuan.


Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi kaum  perempuan, SMP Pendowo Ngablak menggelar aksi bakti lingkungan di komplek SMP Pendowo Ngablak, Senin (22/4/2024).


Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan SMP Pendowo Ngablak, Karina Nugrahani, mengatakan kegiatan ini bertujuan memperingati dan menghormati perjuangan R.A. Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan serta kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan hidup.


"Terbukti pada era modern seperti saat ini, perempuan memiliki hak yang sama di semua bidang serta kaum perempuan yang semakin peduli pada kelestarian lingkungan hidup," ujar Karina.

Baginya, hal ini penting mengingat banyak kerusakan lingkungan hidup di banyak daerah di Indonesia dan mengakibatkan terjadi banyak bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan.

"Saat ini, banyak terjadi bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan seperti banjir dan tanah longsor," lanjutnya.


Lebih lanjut, Karina juga mengungkapkan peringatan hari Kartini tahun ini, selain diisi dengan kegiatan bakti lingkungan, juga diadakan lomba membuat poster dan lomba melukis wajah Kartini.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar