Kecamatan Salaman Raih Juara 1, Final Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda

Dilihat 1387 kali
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin saat penyerahan juara lomba Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda di Graha Seba Pustaka Dispuspa Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Dalam rangka menumbuhkan budaya gemar membaca sejak usia dini, Pokja II Tim Penggerak PKK kabupaten Magelang yang bersinergi dengan Dispuspa Kabupaten Magelang menggelar program Gelari Pelangi (Gerakan Keluarga Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi).

Salah satu implementasi kegiatan tersebut adalah digelarnya Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda yang sudah dimulai sejak 19 September lalu.

"Gerakan ini merupakan kegiatan terpadu Tim Penggerak PKK dari Tingkat Pusat hingga Desa atau Kelurahan yang sinergis dengan program Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta pihak terkait lainnya sebagai upaya dalam mendorong peningkatan kualitas SDM Keluarga dari segi pendidikan dan ekonomi untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin saat memberikan arahan kegiatan Grand Final Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda di Graha Seba Pustaka Dispuspa Kabupaten Magelang, Senin 25/09/2023.

Christanti menyampaikan, kendala yang dihadapi dalam upaya menumbuhkembangkan minat, gemar dan budaya baca yang paling utama adalah masalah ketersediaan bahan bacaan dan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat serta belum meratanya ketersediaan bahan bacaan pada masyarakat Kabupaten Magelang.

"Saya selaku Bunda literasi mengajak ibu-ibu semua untuk memanfaatkan aplikasi Ipusnas dan Ipusda dalam memperoleh buku bacaan baik fiksi maupun non fiksi secara digital. iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dapat digunakan pada smartphone baik berbasis IOS maupun Android," ajak Christanti.

Menurutnya, aplikasi ini menyediakan puluhan ribu judul buku yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke perpustakaan untuk meminjam dan mengembalikan buku. 

"Saya berharap kegiatan ini juga dilakukan di tingkat kecamatan, karena kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Gelari Pelangi POKJA II PKK kabupaten Magelang. Semangat selalu dan salam Literasi," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang, Wisnu Argo Budiono menyampaikan implementasi program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, perpustakaan bergerak menjadi pelopor gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat dan mendorong pendayagunaan perpustakaan melalui pendekatan teknologi informasi.

"Pada kesempatan ini kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ketua Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda literasi Kabupaten Magelang yang telah menginisiasi kegitan lomba ini bersinergi program dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang dalam rangka upaya mempromosikan perpustakaan dan peningkatan budaya kegemaran membaca," kata Wisnu.

Wisnu berharap, kegiatan tersebut tidak hanya selesai pada lomba saja, namun ditindaklanjuti dengan program dan kegiatan dilingkungan kerjanya masing-masing serta dapat bermanfaat meningkatkan kemampuan literasi masyarakat untuk kesejahteraan yang lebih baik.

Panitia Grand Final Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda yang sekaligus selaku Ketua Pokja 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Ida Rianawati menyampaikan kegiatan tersebut didasarkan pada Program Kerja Pokja II Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang tahun 2023, tentang Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda usia 4-6 tahun tahun 2023.

"Kegiatan ini tentunya untuk membumikan Gerakan Literasi sejak usia dini. Tujuannya tidak lain adalah untuk merangsang rasa ingin tahu anak dan melatih anak memaknai isi buku cerita yang dibacakan dengan caranya sehingga dat membangun daya imajinasi anak. Literasi akan mengakar jika distimulasi sejak usia dini," kata Ida.

Ida menyampaikan, untuk peserta kegiatan ini adalah Perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Magelang. Untuk Awa l penilaian dilakukan pada 19-21 September 2023 , sedangkan Gran Final pada tanggal 25 September 2023.

Dalam kegiatan Grand Final Lomba Video Literasi Bunda Membaca Buku Cerita Bergambar Bagi Ananda, tim Juri memutuskan Juara 1 diraih oleh Kecamatan Salaman, Juara 2 Kecamatan Kaliangkrik, Juara 3 Kecamatan Mertoyudan, Juara 4 Kecamatan Salam dan Juara 5 Kecamatan Sawangan. Sementara Kecamatan Candimulyo terpilih menjadi juara favorit. 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar