Ketep Pass Akan Dibangun Gardu Pandang Tiga Lantai

Dilihat 1706 kali
Desain Gardu Pandang Ketep Pass yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

BERITAMAGELANG.ID - Sejak dibuka pada 2002, destinasi wisata unggulan di Kabupaten Magelang, Gardu Pandang Ketep Pass, pada tahun ini akan mempunyai gardu pandang tiga lantai.


"Bisa dikatakan sebentar lagi Gardu Pandang Ketep Pass akan sesuai dengan namanya, karena akan segera mempunyai gardu pandang sesungguhnya," ucap Direktur Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass Magelang, Mul Budi Santoso, Kamis (6/10/2022).


Gardu pandang tiga lantai dengan kerangka besi tersebut setiap lantainya berkapasitas 130 orang, dan bisa menyaksikan pemandangan tujuh gunung dengan pemandangan 360 derajat, ditambah fasilitas teropong.


"Dapat menyaksikan tujuh gunung (Sapta Arga) yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo  Andong, Sumbing, Sindoro dan terjauh Gunung Slamet," papar Mul Budi.


Tidak hanya gardu pandang, Ketep Pass juga membangun sky walk dengan ketinggian delapan meter dan panjang 18 meter untuk memanjakan pengunjung menikmati pemandangan alam pegunungan.


Pembangunan penataan sarana prasarana Daya Tarik Wisata Ketep Pass dimulai pada Juli 2022 hingga November 2022, anggaran dari DAK Fisik, dengan nilai Rp3.630.000.000 (tiga milyar enam ratus tiga puluh juta rupiah).


Selain itu juga dilakukan pembangunan kios UMKM dan kuliner, yang akan disediakan untuk produk UMKM Kabupaten Magelang. Kios ini bertujuan mewujudkan salah satu dari Tujuh Sapta Pesona Wisata, yaitu kenangan.


"Nanti akan ada yang ditujukan untuk Dekranasda dan PKK misalnya produk bank sampah. Kami upayakan Daya Tarik Wisata milik pemerintah agar menyediakan etalase produk UMKM dan produk kreatif sekitar DTW. Produk seperti ini bisa menambah daya tarik di objek wisata," jelas Bodrek.


Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menambahkan, pembangunan tersebut dilakukan juga bertujuan untuk penguatan Daya Tarik Wisata penyangga yang berkualiatas salah satunya Ketep Pass.


"Ketika kawasan Borobudur khususnya Candi Borobudur menjadi destinasi wisata super prioritas, maka perlunya penguatan Daya Tarik Wisata penyangga.


Hal tersebut bertujuan agar mampu menampung limpahan kunjungan, serta tidak mengecewakan pengunjung karena Ketep Pass saat ini mempunyai fasilitas sarana prasarana yang berkualitas," tutur Husein.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar