Jelang Lebaran, Koramil dan Polsek Ngluwar Cek Tempat Pemotongan Ayam

Dilihat 2193 kali
BERITAMAGELANG.ID - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Anggota Koramil dan Polsek Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah, bersinergi melakukan pemeriksaan sekaligus pemantauan di tempat pemotongan dan pedagang ayam. Hal ini dilakukan untuk memastikan kehigienisan atau kebersihan pemotongan hewan. 

"Sebagai aparat kewilayahan, di bulan Ramadhan dan menjelang hari lebaran, kami harus selalu aktif membantu perkembangan perdagangan, khususnya daging," ujar Babinsa Koramil 18/Ngluwar, Srm Giyanto, Sabtu (02/06). 

Dalam kesempatan tersebut Giyanto menegaskan pada para pedagang daging ayam agar tidak menggunakan bahan pengawet atau kimia lainnya seperti formalin ataupun boraks untuk mengawetkan daging.

"Kita imbau kepada para pedagang daging ayam khususnya, untuk tidak menggunakan bahan-bahan pengawet yang sekiranya dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Selain itu, kita juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membeli daging ayam di pasar, ataupun di tempat pemotongan," lanjutnya.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Gesikan Kecamatan Ngluwar, Ahmad Sarifudin (45), mengaku tidak pernah menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengawetkan daging ayam dagangannya. Ia juga sangat mengapresiasi para petugas yang senantiasa mengontrol kondisi kemurnian daging ayam di pasar menjelang lebaran.

"Kita sangat berterima kasih atas kinerja para petugas yang melakukan pengecekan ini, kami berharap tidak ada daging ayam (berpengawet) yang dijual di pasar ini kepada masyarakat," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar