Kemah Wirakarya Wisata Mendukung Wisata Pedesaan

Dilihat 2088 kali
Pembukaan Kemah Wirakarya Wisata di Taman Aksobya Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang (1/11/2019).

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 412 anggota Pramuka dari kabupaten/kota se-Magelang mengikuti kegiatan Perkemahan Wirakarya Wisata (PW) II tahun 2019 di Lapangan Aksobya komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Jumat (1/11/2019).


Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Dispapora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso, Pemerintah Kabupaten Magelang mendukung penuh terselenggaranya perkemahan Wirakarya itu untuk membangun citra positif pariwisata di Kabupaten Magelang.


"Perkemahan wirakarya ini merupakan moment yang tepat sebagai sarana menggairahkan dan membangun citra peson positif wisata di Kabupaten Magelang," kata Iwan saat membacakan sambutan Bupati Magelang.


Melalui sinergitas para pelaku pariwisata dalam kemah Wirabakti ini, Pemerintah Kabupaten Magelang semakin optimis potensi wisata alam di sekitar Candi Borobudur akan mampu dikenal wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 


"Pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," lanjut Iwan.


Perkemahan Wirakarya, kemah bakti atau biasa disingkat PW adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar. Kegiatan ini digelar dalam upaya mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.


Jumlah peserta Kabupaten/Kota Magelang mencapai 440 penegak. 20 peserta Penengak tamu dari Kabupaten Sleman, serta 5 pramuka Penengak Palangkaraya Kalimantan Tengah. 


Selain itu kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu (3/11/2019) itu juga dihadiri dua tim tamu kehormatan dari Palangkaraya Kalimantan dan Sleman Yogyakarta.


Pamong Saka Syailendra, Agus Sumadyono (Kak Madyo) mengatakan terdapat lima kegiatan yang dilombakan yakni pemandu wisata, penyuluh wisata, kuliner teknik kepramukaan, dan seni budaya.


"Inti dari yang dilombakan itu sebagai upaya mendukung pariwisata di sekitar Magelang," ujar Madyo


Saka pariwisata ini, menurut Madyo salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan wisata di kawasan Candi Borobudur. Karena Kabupaten Magelang banyak destinasi wisata yang masih asri dan perlu di eksplor. 


"Para peserta harapanya, dapat mendukung pariwisata di lingkungannya," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar