Pemkab Magelang Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Dilihat 1597 kali
Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Eko Triyono bersama para Kepala SKPD mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila dengan khidmat, Jumat (01/06)

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Setda Magelang, Jumat (01/06). Rakyat Indonesia akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-73. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

"Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," demikian disampaikan Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto saat membacakan Sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam upacara Hari Lahir Pancasila.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

"Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," tegasnya.

Sebagai bangsa majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.000 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin," lanjutnya.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. 

"Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini," imbuhnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Tavip mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

"Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. Selamat Hari Lahir Pancasila! Kita bersatu! Kita berbagi! Kita berprestasi!" tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar