Hari Ini Tambah Dua Belas Orang Positif Covid-19, Enam Diantaranya Warga Kaliangkrik

Dilihat 10473 kali
Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Selasa (18/8/2020) bertambahan 12 orang. Enam diantaranya berasal dari Kecamatan Kaliangkrik. Enam yang lain, tersebar di Kecamatan Mertoyudan, Salaman, Kajoran, Windusari dan Kecamatan Tegalrejo ada dua pasien. Kini total pasien positif yang dirawat ada 18 orang dan yang menjalani isolasi mandiri ada 20 orang.


Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, untuk tambahan 12 pasien positif baru itu, sembilan diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan tiga perempuan. "Hasil tracing yang dilaksanakan, semuanya terpapar Covid-19 karena ada kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk enam tambahan dari Kaliangkrik, terdiri dari perempuan usia 30 tahun, perempuan usia 44 tabun, laki-laki usia 10 tahun, laki-laki usia 65 tahun, laki-laki usia 27 tahun dan laki-laki usia 18 tahun," katanya.


Untuk dua tambahan positif baru dari Kecamatan Tegalrejo, lanjut Nanda, terdiri dari laki-laki usia 65 tahun dan perempuan usia 42 tahun. "Untuk lainnya, meliputi laki-laki usia 17 tahun dari Salaman. Kemudian laki-laki usia 18 tahun dari Kajoran, laki-laki usia 18 tahun dari Windusari dan laki-laki usia 26 tahun dari Kecamatan Mertoyudan. Dengan tambahan 12 baru itu, jumlah kumulatif pasien positif menjadi 219 orang. Rinciannya, 18 dirawat, 20 menjalani isolasi mandiri, 174 sembuh dan tujuh meninggal," jelasnya.


Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada empat baru. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Borobudur, Srumbung dan Bandongan. Selain itu juga ada dua PDP dari Kecamatan Bandongan yang meninggal. Meski demikian, hari ini ada lima PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Borobudur, Kajoran, Windusari, Grabag dan Windusari.


"Untuk PDP ini, jumlahnya menjadi 425 orang. Rinciannya 9 dirawat, 364 sembuh dan 52 meninggal. Sedang orang dalam pemantauan, hari ini ada empat baru. Sehingga jumlah ODP yang dipantau ada tujuh orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Korona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju adaptasi kebiasaan baru, Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar