Pemerintah Kabupaten Magelang Resmikan Pasar Ikan Ngabean

Dilihat 3358 kali
Asisten Ekbang Setda Magelang, Agung Trijaya resmikan Pasar Ikan Bersih di desa Ngabean, Secang, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/03)

BERITAMAGELANG.ID - Kabupaten Magelang kini memiliki Pasar Ikan Bersih di Desa Ngabean, Kecamatan Secang, Jawa Tengah. Keberadaan pasar ikan tersebut diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian dan tingkat konsumsi ikan pada masyarakat, mengingat konsumsi ikan pada masyarakat di wilayah tersebut masih tergolong sangat rendah.


"Selain mampu meningkatkan perekonomian pedagang. Di sisi lain juga diharapkan mampu meningkatkan konsumsi ikan masyarakat yang masih sangat rendah" kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Magelang, Agung Trijaya, mewakili Pejabat sementara Bupati Magelang, di acara peresmian Pasar Ikan Bersih, Rabu (28/03).


Dari data Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang, lanjut Agung, konsumsi ikan masih sebanyak 18,6 kg per kapita per tahun. Sementara nasional, telah mencapai 43,8 kg per kapita per tahun.


"Ini adalah PR kita ke depan, bagaimana agar meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, minimal sama dengan tingkat nasional," imbuh Agung.


Sementara, Kasubdit Kemitraan Ditjen Penguatan Daya Saing Kementrian Kelautan dan Perikanan, Tri Wahyuni, mengatakan tugas utama pihaknya adalah menjaga mutu dan kualitas ikan dari hulu hingga hilir.


"Sebenarnya titik kritis ikan itu saat di pasar. Sehingga perlu ditata kelola sesuai SOP sehingga layak dikonsumsi masyarakat. Kami berharap pasar ini dikembangkan lagi, termasuk pembinaan-pembinaan pedagang, agar masyarakat bisa mendapatkan ikan yang layak konsumsi," kata Tri Wahyuni.


Sedangkan, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini mengungkapkan, pada awalnya sekitar tahun 2000, pasar ini hanya buka mulai pukul 02.00 sampai 07.00 WIB di pinggir jalan, dan dulunya hanya ada dua pedagang berjualan. Seiring berjalannya waktu, kini sudah ada 16 pedagang dengan 42 pengecer.


"Untuk ikan yang diperdagangkan sendiri saat ini, tidak hanya ikan tawar tetapi juga ikan laut. Seiring perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat, kami akan membuka pasar ikan tersebut hingga siang hari. Kami berharap keberadaan pasar ikan ini dapat mensejahterakan para pedagang, pengecer, maupun warga sekitar," tutupnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar