TMMD Sengkuyung Bangun Jalan Sepanjang 1.000 Meter di Desa Kebonrejo

Dilihat 1463 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP. didampingi jajaran Forkopimda resmikan TMMD Sengkuyung di Desa Kebonrejo, Kecamatan Candimulyo, Jawa Tengah, Senin (15/10)

BERITAMAGELANG.ID - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap lll tahun anggaran 2018, kembali dilaksanakan. Kali ini Bupati Magelang meresmikan TMMD di Desa Kebonrejo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Senin (15/10). 

Gubernur Jawa Tengah, melalui Bupati Magelang, Zaenal Arifin, SIP. dalam sambutannya mengatakan, hari ini serentak dimulai program TMMD Sengkuyung tahap lll tahun anggaran 2018. 

"Dan hari ini juga akan mantap terasa geliat pembangunan di desa. Maka melalui program tersebut, gotong royong adalah menjadi salah satu yang harus dilakukan untuk mensukseskan program TMMD tersebut," ujar Bupati saat membuka giat TMMD.

"Melalui TMMD bersama kita merawat gotong royong, memacu kreativitas, dan prakarsa masyarakat dalam membangun desa," lanjutnya. 

Pihaknya juga menginginkan nilai-nilai gotong royong dan kultur ketimuran dapat terpelihara dengan baik. Karena mulai dari situlah kekuatan bangsa dalam menjaga persatuan pada kebhinekaan.

"Dari situlah kita juga dapat menangkal sikap individualistik dan egoistik, untuk merajut kembali kain kebersamaan dan respon sosial yang memajukan dan mensejahterakan," imbuh Bupati.

Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program TMMD Sengkuyung tahap lll ini meliputi kegiatan fisik berupa pembangunan jalan cor blok sepanjang 1.000 meter, dengan lebar 2 meter, dan tebal 0,1 meter di Desa Kebonrejo. Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, kebijakan pemerintah daerah dalam membangun desa, serta penyuluhan kamtibmas dan narkoba.

"Untuk pembangunan jalan cor blok ini menjadi sangat penting karena jalan ini berfungsi untuk memperlancar arus transportasi antar dusun, yakni Dusun Kapuranggan dan Dusun Ngancar di Desa Kebonrejo tersebut," tambah Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono.

Jumlah anggaran, lanjut Dandim, akan menyerap dana sebesar Rp. 292.200.000,- yang bersumber dari APBD Provinsi (fisik) Rp. 120.000.000,-; APBD Provinsi (SST) Rp. 42.200.000,-; APBD Kabupaten Rp. 95.000.000,-; dan UP Buka/Tutup Rp. 5.000.000,-.

"Untuk jumlah personel sendiri yang akan diterjunkan sejumlah 55 orang per hari. Rencananya, kegiatan TMMD Sengkuyung tahap lll tersebut akan berlangsung selama satu bulan, atau 30 hari," tutupnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo, SIK., SH., Kajari Kabupaten Magelang Eko Hening Wardono, SH., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Suharno, MM., Camat Candimulyo Drs. Agung Nugroho, Komandan Batalyon Armed 3/105 Tarik Magelang Letkol. Arm. Irwansyah SAP., Komandan Batalyon Armed 11/1/2 Kostrad Magelang Mayor Arm. Siswo Budiarto SIP., MM., serta Forkompimcam Candimulyo.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar