Musibah Tanah Longsor Mengancam Rumah Warga

Dilihat 1974 kali

BERITAMAGELANG.ID - Musibah tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Salaman, Kamis (20/2/2020) sekira pukul 06.00 WIB. Parahnya, kejadian tersebut mengancam dua rumah warga yang berada di Dusun Kempon, Desa Sriwedari, Salaman, Kabupaten Magelang. Sementara material longsor juga menutup aliran sungai yang berada di bawahnya.


Kronologi kejadian, ketika hujan dengan intenitas sedang telah mengguyur Kecamatan Salaman sejak Rabu (19/2/2020) sore. Hujan tersebut membuat kondisi tanah labil dan mengakibatkan talud rumah setinggi 3 meter, panjang 10 meter, dan lebar 2 meter longsor sehingga mengancam dua rumah yang berada di bibir longsor.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, dalam keterangannya mengatakan, longsor tersebut mengancam dua rumah warga, yakni Karnun (43) dan Suprapto (43).


"Kedua rumah warga ini berada di bibir longsor. Sementara material longsoran juga menutup aliran sungai yang berada di bawahnya," terang Edy saat dikonfirmasi.


Lanjut Edy, setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya melakukan kaji cepat oleh TRC Kecamatan Salaman dan koordinasi dengan Pemdes setempat. 


"Kami juga mengimbau kepada dua warga terdampak untuk mengungsi sementara ke rumah tetangganya. Karena ditakutkan akan terjadi longsor susulan melihat kondisi cuaca," katanya.


Lagi-lagi Edy mengimbau warga Salaman khususnya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan sekarang ini. Diketahui bahwa hingga saat ini sudah terjadi beberapa kejadian tanah longsor di wilayah Kecamatan Salaman.


"Wilayah Kecamatan Salaman memang termasuk wilayah yang rawan terhadap tanah longsor. Namun  para relawan juga telah memasang alat EWS (Early Warning System) untuk meningkatkan kewaspadaan," pungkas Edy.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar