Tertangani, Banjir di Perumahan Secang

Dilihat 1414 kali
banjir di Secang (foto BPBD)

BERITAMAGELANG.ID-Perumahan Gemilang Permai 3 tepatnya di Dusun Sumber Ketandan RT 19/ RW 06, Desa Secang, Kecamatan Secang tergenang banjir pada hari Selasa, 20 Februari 2024 pukul 14:00 WIB.

Penyebab bencana banjir berasal dari luapan air selokan dan sungai yang tertutup material proyek yang sedang dikerjakan. Serta tembok pembatas perumahan yang jebol sehingga luapan air sungai membanjiri perumahan tersebut.

Kejadian ini dilaporan, Nova Ari (TRC BPBD) yang dirilis melalui grup WA Kontributor BPBD Kabupatdn Magelang pada hari Selasa, 20 Pebruari 2024 petang.

Bencana banjir itu telah mengakibatkan 10 (sepuluh) Rumah yang dihuni oleh 27 orang  tergenang air, diantaranya rumah Kristin Novita‚ 47 th, 1 KK, 2 Jiwa, Eni 37 th 1 KK/ 2 Jiwa, Ridho 30 th 1 KK/ 3 Jiwa, S. Srimaniyanto 40 th 1 KK/ 5 Jiwa, Wartiningsih 47 th 1 KK/ 2 Jiwa, Junu Daraman 30 th 1 KK/ 1 Jiwa, Ahmad Muhtar Jamil 6 Jiwa (Kost), Muhamad Amirudin 7 Jiwa (Kost), Ikhwan Rizally 27 th 1 KK/ 1 Jiwa dan Dewi 50 th 1 KK/ 4 Jiwa

Nova mengatakan banjir itu bermula dari hujan yang terjadi pada Selasa siang, sementara saluran irigasi yang berada di dekat perumahan itu tersumbat oleh material proyek yang berada di atas Perumahan Permai 3 sehingga air meluap masuk ke Perumahan yang mengakibatkan 10 rumah itu tergenang air.

Selain itu banjir juga disebabkan oleh air aliran sungai yang berada di samping Perumahan meluap. Air dari sungai meluap disebabkan oleh tembok pembatas perumahan jebol dan material menutup saluran sungai tersebut.

Pada saat laporan dibuat penangan bencana banjir tengah dilaksanakan bersama warga desa dan relawan BPBD. "Penangan bersama relawan BPBD itu terlaksana dengan melaksanakan kordinasi Pemerintah Desa Secang," kata Nova.

Kegiatan pembersihan saluran oleh relawan dan warga terlaksana dengan baik. Hingga laporan itu dibuat, banjir sudah terlihat surut, selanjutnya dilakukan penanganan pembersihan rumah oleh warga yang terkena banjir dimaksud.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar