Dinas Kesehatan Gencarkan Rapid Tes Covid-19 Di Puskesmas dan Desa

Dilihat 5033 kali
Rapid test covid-19 digelar di puskesmas Kabupaten Magelang
BERITAMAGELANG.ID - Pemkab Magelang terus menggelar rapid test covid-19 massal ke seluruh puskesmas. Hingga Kamis (4/6/2020), total telah dilakukan 2.581 rapid test. Dari total itu, ditemukan 219 reaktif dan 104 diantaranya positif hasil swab. Namun, saat ini tinggal 42 pasien yang masih dirawat dan menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan, Retno Indriastuti dalam rapat koordinasi dengan Satuan Tugas Pengawasan DPRD Kabupaten Magelang menyampaikan, terakhir pihaknya baru saja melakukan rapid test di seluruh puskesmas. Hasilnya dari 816 sasaran, diperoleh 11 orang atau 1,35 persen yang reaktif.

"Sebelumnya kami telah melakukan rapid test di sejumlah toko swalayan, pasar dan terminal, ditemukan satu reaktif dari 400 yang sasaran. Selain itu, kami juga telah melakukan rapid test di beberapa lokasi lain yang memiliki potensi atau indikator adanya warga terkena atau tertular covid-19," ungkapnya, Kamis (4/6/2020).

Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan melakukan rapid test lagi di 57 desa yang dipilih berdasarkan hasil analisis dan evaluasi terhadap sejumlah indikator.

"Harapan kami dengan nanti sudah diketahui hasil dari rapid test itu, bisa digunakan untuk menentukan arah kebijakan ke depan," harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar