Pemkab Magelang Lestarikan Seni Lewat Festival Ketoprak

Dilihat 2033 kali
KETOPRAK – Pentas kesenian tradisional dalam Festival Ketoprak Tingkat Kabupaten Magelang yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI, mendapat sambutan positif dari masyarakat. Foto : Ali Subchi
BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 15 grup kesenian Ketoprak mengikuti Festival Ketoprak Tingkat Kabupaten Magelang. Festival yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang  dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 itu bertujuan melestarikan kelompok kesenian tradisional Ketoprak.

"Meski keberadaan kesenian Ketoprak mulai surut, di Kabupaten Magelang masih ada 15 grup kesenian Ketoprak yang tetap eksis. Bahkan mereka masuk grup unggulan dari perwakilan kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Achmad Husein di sela penutupan rangkaian festival, Jumat (31/08).

Menurut Husein, digelarnya Festival Ketoprak ini juga bertujuan menggairahkan kembali kesenian yang pernah jaya di tahun 1980-an, sehingga diharapkan mampu meningkatkan apresiasi antar seniman, Pembina, pemerhati seni dan kepedulian masyarakat terhadap kesenian tradisional tersebut. Sebab, kegiatan yang berbentuk festival ini bersifat kompetitif dan apresiatif.

Senada dikatakan Kasi Kesenian dan Film Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Mantep menyebutkan, peserta Festival Ketoprak memperebutkan piala dan hadiah uang pembinaan jutaan rupiah. 

"Sebagai Penyaji terbaik I diraih grup Ketoprak Dwija Manunggal dari PGRI, penyaji terbaik II grup Ketoprak Wahyu Manunggal dari Petung, Kecamatan Pakis, dan penyaji terbaik III grup Tirto Budoyo dari Banyuroto, Kecamatan Sawangan," kata Mantep.

Sedangkan Penyaji harapan I diraih grup Ketoprak Songgo Budoyo dari Kecamatan Pakis, Penyaji harapan II grup Ketoprak Sekar Budoyo, Kecamatan Mertoyudan dan penyaji harapan III grup Ketoprak Surya Budaya dari Kecamatan Borobudur.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar