Jelang Arus Mudik, Kepolisian Gelar Operasi Ketupat Candi 2019

Dilihat 1346 kali
Kapolres beserta Komandan Kodim 0705/Magelang memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Fitri 1440 H / 2019 di Lapangan Soepardi Kota Mungkid

BERITAMAGELANG.ID - Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Fitri 1440 H / 2019 Kabupaten Magelang diselenggarakan di Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid, Selasa (28/5). Giat ini juga dilaksanakan serentak oleh Kepolisian Republik Indonesia, dengan sandi "Operasi Ketupat 2019" di seluruh wilayah Indonesia yang akan dilangsungkan selama 13 hari mulai 29 Mei sampai 10 Juni 2019.


Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Kukuh Dwi Antono, serta Forkompimda Kabupaten Magelang lainnya.


Apel gelar pasukan melibatkan 800 lebih personil Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar, Pramuka dan Ormas serta relawan, termasuk dua pleton BKO Brimob Polda DI Yogyakarta 101 personil.


Giat tersebut bertujuan mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek, operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara. 


Apel gelar pasukan juga bertujuan menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.


Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho SIK menyampaikan, Operasi Ketupat tahun ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi pada tahun-tahun sebelumnya.


"Pada Operasi Ketupat Tahun 2019 dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019," ucap Kapolres saat membacakan amanat Kapolri.


Dalam kesempatan tersebut, Yudianto menyampaikan, Operasi Ketupat Candi 2019 mengantisipasi berbagai potensi gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri.


"Berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme.


Aksi intoleransi kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan sembako, dan waspada bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan. Agar diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Candi Tahun 2019," lanjutnya.


Dalam Operasi Ketupat Candi Tahun 2019 ini Polres Magelang juga fokus terhadap pengamanan obyek wisata, kelancaran arus lalu lintas, kerawanan keamanan, serta pelayanan informasi kepada para pemudik.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar