Apel Kinerja, Pjs Bupati Magelang Kenakan 'Udeng' Khas Borobudur

Dilihat 2301 kali
Usai memimpin Apel Kinerja, Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto serahkan penghargaan tertib Pajak Bumi Bangunan (PBB) pada sejumlah desa di wilayah Borobudur. Balkondes Giritengah Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (01/04)

BERITAMAGELANG.ID - Terkait inovasi dan kreasi maupun budaya masyarakat di Kecamatan Borobudur, Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, mengapresiasi diciptakannya Udeng (ikat kepala khas Borobudur).


"Hal seperti ini perlu kita lestarikan untuk menunjang pariwisata di Kabupaten Magelang, karena mengingat Borobudur ini adalah destinasi wisata dunia, sekaligus nantinya dapat mempersiapkan kedatangan para turis-turis dari mancanegara," ujar Tavip, di sela-sela kegiatan Apel Kinerja se-Kecamatan Borobudur, di Balkondes Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (02/04) pagi.


Tavip, juga mengingatkan kepada seluruh perangkat Desa di Kecamatan Borobudur agar Pemerintah Desa, utamanya dalam pembangunan desa, serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, adalah bagian dari tugas pokok yang harus dilaksanakan.


"Jadi bagaimana kita membuat perencanaan melalui Musrenbangdes, ini harus betul-betul kita laksanakan," tegasnya.


Tavip melanjutkan, pihaknya masih menerima laporan bahwa APBDes di Kabupaten Magelang baru masuk 57 persen.


"Nah ini masih menjadi PR kita, saya mohon APBDes di Kecamatan Borobudur juga dilakukan percepatan karena ini sebagai pintu sumber dana yang akan masuk," lanjut Tavip.


Tavip juga mengingatkan agar para Kepala dan Perangkat Desa memanfaatkan APBDes dengan berhati-hati, sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin mensejahterakan masyarakat.


"Ini juga perlu transparansi, akuntabilitas dari pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di desa. Saya mohon nanti, kawan-kawan kepala desa untuk lebih transparan dalam pengelolaan APBDesa, dan tentunya transparansi ini sudah kita lakukan baik di dalam penggunaan dana, baik ADD, Dana Desa, maupun APBD bantuan dari provinsi," terang Tavip.


Tavip menambahkan, saat ini, Polda Jawa Tengah juga telah melaunching sistem pengawasan dana desa.


"Jadi nantinya masyarakat pun bisa mengetahui, mencari informasi terkait pengelolaan dana desa," terangnya.


Pada kesempatan yang sama, Tavip juga sangat mengapresiasi, dan memberikan penghargaan kepada beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Borobudur, yang telah lunas dan tertib dalam membayar PBB, yakni Desa Ngargogondo, Tanjungsari, Bigaran, Kenalan, dan Borobudur.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar