Bupati Tugaskan Camat dan Kades Buat Monografi Desa

Dilihat 1222 kali

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang tengah menggalakkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Menurut Bupati Magelang, GISA sangat penting bagi masyarakat juga Pemerintah sendiri. Dalam Rapat koordinasi (Rakor) di Rumah Dinas Bupati Magelang, pada Jumat (21/12), Bupati memerintahkan para Camat agar mendampingi desa membuat Monografi Desa dengan sistem digital yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Terkait hal tersebut, desa juga diharapkan bisa menganggarkan untuk membuat Monografi masing-masing.


"Monografi desa ini sangatlah penting bagi kita semua dalam hal mengambil suatu kebijakan di Pemerintah Kabupaten Magelang. Karena dengan monografi desa kita bisa mengupdate data melalui digital dengan data yang ada," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP.


Bupati menuturkan, saat ini tiap desa sudah memiliki data yang akurat dan komplit untuk membuat Monografi. Melalui Monografi, bisa bersama memantau sumber daya alam, sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan, jalan dan jembatan atau infrastruktur yang ada.


"Untuk itu, saat ini manusia harus mulai sadar akan administrasi kependudukan bagi kebutuhan diri sendiri. Tugas negara dalam konstitusi tidak lain adalah melindungi segenap warga bangsa dan negara, yaitu dengan menyajikan dan menyiapkan data pribadi mereka dengan sebaik-baiknya," pesannya.


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang, Pardi Sriyono, SH menambahkan, GISA bertujuan memenuhi kebutuhan dokumen dan validitas data kependudukan serta membangun kesadaran masyarakat dan aparat pemerintah.


"Membangun kesadaran itu tidak hanya pada masyarakat saja, melainkan juga untuk membangun kesadaran aparat pemerintah untuk sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Camat menjadi peran utama yang bisa menggerakkan para Kepala Desa. Kemudian tahap berikutnya Kepala Desa bisa menggerakkan masyarakatnya," pesan Pardi.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar