Anggota DPR RI Prihatin, UNBK Masih Terkendala Jaringan Internet

Dilihat 2222 kali
Anggota DPR RI Komisi VIII Khoirul Muna meninjau UNBK di SMP Negeri 1 Srumbung Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (23/04)

BERITAMAGELANG.ID - Anggota DPR RI Komisi VIII Khoirul Muna (Gus Muna) prihatin atas pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan SMA yang belum berjalan maksimal. Materi, fasilitas komputer, jaringan internet dan listrik masih jadi kendala.

Hal tersebut diungkapkan Khoirul Muna usai memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Srumbung Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Senin (23/04).

Didampingi Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang Tavip Supriyanto, politisi dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut melihat langsung kendala pelaksanaan UNBK di hari pertama ini.

Menurutnya, insiden mati listrik dan terputusnya internet UNBK di SMP Negeri 1 Srumbung dan seluruh Indonesia merupakan suatu kendala yang harus segera diselesaikan. Untuk itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Kita akan segera bicara dengan Komisi I, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait jaringan yang ada beserta variabelnya. Pertama tentang variabel komputernya dan juga jaringan internetnya," jelasnya.

Menurutnya, munculnya kendala UNBK tersebut merupakan dampak dari kondisi geografis dan infrastrukturnya. Kondisi di lapangan juga bertolak belakang antara kesiapan dan target prestasi yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Kita melihat ironi di tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Pak Muhajir Efendi mengatakan bahwa kita harus berstandar internasional. Sementara yang namanya materi materi ujian itu banyak yang belum diajarkan di sekolahan. Sementara siswa harus nilainya tinggi," lanjut Gus Muna.

Sementara itu, berdasar pantauan di lapangan, kejadian putusnya jaringan internet server pusat hari pertama pelaksanaan UNBK tersebut terjadi di seluruh Indonesia. Lamanya sekitar 45 menit dan kemudian kembali normal. Sedangkan untuk jaringan listrik, setiap sekolah telah mengantisipasinya dengan mesin genset.

Sesuai data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang terdapat 7.189 siswa SMP sederajat mengikuti UNBK tahun 2018 yang berlangsung pada 23 hingga 26 April 2018.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar