Forkopimcam Secang Sinergi Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Dilihat 2479 kali
Vaksinasi 600 anak-anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Secang

BERITAMAGELANG.ID - Dukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Secang Kabupaten Magelang gencarkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. 


Camat Secang, Khoirul Anwar mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dalam rangka membentuk kekebalan komunal mencegah penularan covid-19. Sebagai target sasaran gelombang peetama ini sekitar 600 anak lebih dari 4 sekolah.


“Untuk hari ini vaksinasi kita laksanakan di SD Negeri Krincing ini dulu dilakukan secara bertahap untuk empat sekolah lain,” kata Khoirul di sela kegiatan vaksinasi, Selasa (3/1).


Menurutnya, saat ini vaksinasi di Kabupaten Magelang sudah mencapai 70 persen sehingga pihaknya dapat melakukan vaksinasi untuk anak-anak.


Dijelaskan Khoirul target vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Secang saat ini mencapai 7.524 anak yang tersebar di 24 desa/kelurahan.


Ia berharap para orang tua mendukung program vaksinasi ini dengan memberi semangat kepada anaknya karena sangat penting untuk menyongsong PTM. Apalagi saat ini Kabupaten Magelang berhasil turun ke level satu yang mungkin sekolah dapat berjalan normal kembali.


“Alhamdulillah saat ini kita mulai masuk ke PPKM level satu. Semoga nanti setelah vaksinasi untuk anak-anak lengkap tidak ada lagi pembatasan,” ujarnya.


Tim medis berasal dari dua Puskesmas di Secang dengan total jumlah 7.524 sasaran yang berasal dari 40 sekolah SD dan MI (Madrasah Ibtidaiyah). 


Ditambahkan Khoirul, kuota pelayanan di Puskesmas Secang 1 ada 4.562 anak dan Puskesmas Secang 2 ada 2.962 anak. Sedangkan pelaksanaan vaksinasi diupayakan dalam dua minggu ini sudah selesai.


"Dalam dua minggu kita targetkan selesai untuk anak 7.000 itu," ungkapnya.


Menurutnya, kendala vaksinasi di Kecamatan Secang ini adala P-care. Di lapangan kita telusuri sudah mencapai 80 persen lebih. Karena sebagian masyarakat sudah mendapat vaksin di luar kecamatan seperti di Kota Magelang, Temanggung dan lainnya. Maka itu mereka tercatat di wilayah yang melaksanakan vaksinasi. Sehingga tidak terdata di Kecamatan Secang.


Sesuai data capaian vaksinasi Puskesmas 1 Secang sudah mencapai 60 persen dan Puskesmas 2 sudah mencapai 67 persen.


"Tapi data di lapangan sudah 80 persen lebih setelah kita sisir. Cuma kalau yang melakukan vaksinasi khusus di Puskesmas Secang itu memang 70 persen," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar