Ada yang Minat? Sapi Seberat 1,3 Ton Dibandrol 87 Juta

Dilihat 3432 kali
BERITAMAGELANG.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha, para peternak hewan kurban tampak ramai membuka lapak menawarkan dagangannya dengan berbagai pilihan, seperti bobot dan kualitasnya.

Salah satu pemilik pull hewan kurban, Ahmad Sodiqun, asal Dusun Karanganyar, Desa Rambeanak 3, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah menyiapkan satu hewan kurban khusus, yakni satu ekor sapi berjenis simental dengan bobot kurang lebih 1,3 ton untuk ditawarkan bagi siapa saja yang berminat membelinya.

"Kalau ditotal, mungkin ada ribuan hewan kurban yang saya miliki yang terdiri dari sapi, kambing, dan domba. Namun ada satu yang khusus saya persiapkan, yakni sapi jenis simental dengan bobot 1,3 ton ini," kata Sodiqun, Sabtu (11/08).

Sodiqun memaparkan, sapi berjenis simental awalnya ia beli dengan bobot 600 kg. Dengan penuh upaya ia beri asupan pakan yang cukup, agar sapi tersebut dapat tumbuh baik.

"Dari pakan sendiri saya sudah perhatikan sejak pertama kali, mulai dari pemberian pakan yang baik, hingga pemberian vitamin B komplek secara rutin," ungkap Sodiqun.

Ia mengaku, sapi tersebut telah beberapa kali ditawar oleh calon pembeli. Namun hingga saat ini, ia masih menunggu calon pembeli dengan harga yang paling tinggi.

"Sudah banyak yang menawar, mulai dari harga Rp 75 juta hingga Rp 80 juta. Namun yang terakhir ditawar oleh orang Semarang dengan harga Rp 87 juta. Mungkin kalau tidak ada yang menawar lebih tinggi lagi ya saya lepas," lanjutnya.

Menurutnya, sapi jenis simental tersebut memang memiliki sejumlah keunggulan. Di samping bobotnya yang bisa mencapai 1.000 kg, tubuhnya pun lebih tahan terhadap penyakit, terutama saat pergantian cuaca.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Sri Hartini, mengungkapkan kekagumannya saat meninjau pull milik Ahmad Sodiqun.

"Melihat kondisinya sendiri, sapi ini cukup giras (menandakan dalam keadaan sehat). Kami juga berharap, keberhasilan bapak Ahmad Sodiqun dalam membesarkan dan merawat hewan ternaknya ini, nantinya juga dapat menjadi contoh dan semangat bagi para peternak lainnya," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar