Jelang Nataru, Harga Barang Kebutuhan Pokok Terpantau Stabil

Dilihat 829 kali
Kegiatan pemantauan Disdagkop UKM di Pasar Muntilan

BERITAMAGELANG.ID - Harga barang pokok (bapok) kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang menjelang Natal dan tahun baru terpantau relatif stabil. 


"Kalau terkait persiapan Nataru atau Hari Besar Keagamaan Negara ((HKBN) dalam rangka menstabilkan harga pangan, kami punya program rutin dengan Bulog untuk distribusi beras SPHP (stabilisasi pasokan harga pangan)," ungkap Kepala Bidang Perdagangan pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Pancaraningtyas, Rabu (29/11/2023) 


Berkenaan dengan kegiatan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang melakukan berbagai upaya untuk stabilisasi harga pangan menjelang hari natal dan tahun baru, diantaranya dengan melakukan pemantauan harga di berbagai daerah. 


"Harga pangan saat ini stabil. Hanya (harga) gula ada peningkatan. HET nya Rp16.000 per kilogram, ternyata di beberapa pasar ada yang menjual dengan harga Rp17.000 per kilogramnya. Untuk mengatasinya kami kerja sama dengan Bulog agar menambah pasokan," jelasnya.


Lebih jauh, Tyas, mengungkapkan, pada awal atau pertengahan Desember 2023 sebelum datangnya Nataru mungkin akan dilaksanakan sidak ke pasar-pasar.


"Tetapi untuk kegiatan TPID (Tim Pemantau Inflasi Daerah). Tetapi itu di bawah kordinasi Bagian Perekonomian. Perdagangan merupakan salah satu anggota tim. Untuk pemantauan kita lakukan setiap hari by sistem. Tiap hari semua pasar menginput. Sistem itu dinamai sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok (SP2KP)," jelasnya.


Di tempat terpisah, Tri Handayani, Analis Perdagangan Ahli Muda pada Disdagkop UKM mengungkapkan, dalam rangka stabilisasi harga, dua kali seminggu, Bulog berkeliling melaksanakan kegiatan dropping beras dengan harga Rp10.900 per kilogram di tingkat konsumen. 


Pasar Murah


Pada kesempatan tersebut Pancaraningtyas mengemukakan  pihaknya kerap melakukan pasar murah. Tujuannya hanya untuk menstabilkan harga.


"Beberapa waktu lalu, kami baru menyelenggarakan pasar murah di Kecamatan Mertoyudan. Bahkan pada hari ini (Rabu 29/11/2023) kami menyelenggarakan di Kecamatan Mungkid," ucapnya.


Dijelaskan, setiap kali menyelenggarakan pasar murah, pihaknya selalu bekerja sama dengan pihak terkait, seperti Bulog, Dinas Pertanian dan Pangan, serta Dinas Peternakan dan Perikanan.


Harga Bahan Pokok


Harga bahan pokok dijual dengan harga berbeda dari 13 pasar yang dipantau dengan sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok (SP2KP) Disdagkop UKM:


Beras mentik wangi, harga rata-rata Rp14.577/kg

Beras IR 64 medium Rp12.962/kg 

Beras IR 64 premium Rp13.700/kg

Daging has dalam Rp135.800/kg

Daging sapi tetelan Rp77.300/kg

Cabe merah besar keriting  Rp69.000/kg

Gula pasir kristal putih Rp17.000/kg

Minyak goreng curah Rp15.400/kg

Minyak goreng premium Rp18.700/liter

Minyak goreng Kita Rp14.900/liter.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar