Karnaval dan Bazar Meriahkan HUT RI di Kecamatan Srumbung

Dilihat 3137 kali

BERITAMAGELANG.ID  - Peringatan HUT ke 73 RI di lereng Gunung Merapi Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Jawa Tengah digelar dengan acara pawai, Kamis (30/08). Peserta karnaval berasal dari berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Srumbung. Mereka tampil khas dengan kostum masing masing. Sepanjang jalan yang dilalui karnaval dipenuhi ribuan warga yang menonton.

"Karnaval diikuti oleh 56 kelompok. Mereka menampilkan potensi dan budaya yang dimiliki," kata Camat Srumbung M Taufik Hidayat Yahya.

Pawai Potensi itu, lanjutnya, juga mewakili keberhasilan yang dicapai warga di 17 desa di wilah Kecamatan Srumbung.

"Pawai HUT RI ini juga merupakan ungkapan rasa bahagia masyarakat atas hasil pembangunan lahir dan batin," imbuh Taufik.

Pada kesempatan itu para peserta juga menampilkan aksi menarik di hadapan Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Magelang. Pentas atraktif itu juga mengundang tepuk tangan meriah dari warga.

Dalam sambutannya, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengungkapkan perayaan HUT Kemerdekaan ini salah satu upaya mengenang jasa para pahlawan. Menurut Zaenal, semangat para peserta maupun warga ini sejalan dengan cita-cita para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Di samping itu menjadi bukti kecintaan kepada ibu pertiwi. 

"Tugas kita adalah berkarya, bekerja dan bekerja dengan meningkatkan potensi diri untuk mengisi kemerdekaan bangsa yang kita cintai," lanjutnya.


Pasukan bergodo dan punokawan menunggang kuda mengawali karnaval berjalan kaki sejauh 2 kilometer ini. Selain karnaval juga digelar bazaar potensi Desa Mranggen selama satu minggu.

Bazar yang berlangsung selama satu pekan itu merupakan prakarsa Pemerintah Desa Mranggen berkolaborasi dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar