Warga Lereng Merbabu Gelar Kirab Budaya dan Pusaka KRT Suronolo

Dilihat 2818 kali
Peserta kirab membawa foto tokoh Kanjeng Ratu Tumenggung Suronolo dan pusaka Kyai Kenongo serta Kyai Upas Nogo Sewu

BERITAMAGELANG.ID - Dusun Soronalan Desa Soronalan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Jawa Tengah, ramai dipadati warga pada Minggu (16/09). Para warga tampak antusias mengikuti dan memeriahkan Kirab Budaya dan Pusaka K.R.T Suronolo ke lima. Mereka telah memadati lapangan dusun setempat sejak pukul 09.00 WIB.

Selain Kirab Pusaka, selama satu minggu dusun tersebut juga menyelenggarakan beberapa kesenian tradisional.

Widiasih dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Kabupaten Magelang menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Saya sangat mengapresiasi Kepala Desa Soronalan dan masyarakat Desa Soronalan yang terus melestarikan atau menguri - uri  budaya Jawa hingga saat ini," kata Widiasih mewakili Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dan juga Kepala Disdikbud. 

Widiasih menjelaskan, setiap tahun di wilayah Kabupaten Magelang ada sekitar 2.022 acara serupa.

"Seperti merti dusun, saparan, suran, bersih dusun dan sejenisnya, jadi Bupati Magelang tidak bisa menghadiri semua acara tersebut, tapi Pemerintah Kabupaten Magelang terus mendukung dan mengpresiasi kegiatan tradisi seperti saat ini karena merupakan upacara tradisi yang sangat berguna sebagai tanda syukur," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Soronalan Bambang Aristiyanto dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Soronalan sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih pada seluruh masyarakat dan kepada tamu undangan atas kehadirannya dan saya juga minta doa restu semoga acara pada hari ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses," kata Bambang.

Rangkaian acara yang dilaksanakan pada hari ini diantaranya Kirab Pusaka Keris Upas Nogo Sewu dan Keris Kenongo menuju lapangan Dusun Soronalan sejauh 100 meter, dilanjutkan dengan merti desa, serta dimeriahkan berbagai pentas kesenian. Turut hadir dalam acara tersebut Forkopimcam Sawangan dan tokoh masyarakat setempat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar