Menara Langit Merapi Ketep Pass Resmi Dibuka untuk Wisatawan

Dilihat 5123 kali
.

BERITAMAGELANG.ID - Menara Langit Merapi Ketep Pass resmi dibuka Jumat (10/3). Rasa penasaran masyarakat untuk segera menikmati gardu pandang di destinasi wisata lereng gunung Merapi ini akan terobati.


Launching Menara Langit Merapi Ketep Pass berlangsung cukup meriah. Diwarnai dengan senam, kemudian suguhan tari Soreng dan pelepasan balon warna-warni. Beruntung cuaca sangat bersahabat, langit yang membiru dan cerah menjadikan acara ini semakin terasa asyik.


Launching ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekda Kabupaten Magelang Adi Waryanto mewakili Bupati. Acara ini dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin.


Sekda Adi Waryanto mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Parekraf yang telah mengalokasikan DAK Tahun 2022 untuk pariwisata Kabupaten Magelang, khususnya untuk melengkapi destinasi wisata di Ketep Pass.


Dengan tambahan wahana ini, maka diharapkan akan mampu menumbuhkan dan memberikan rangsangan wisatawan yang selama ini sudah mengetahui Ketep Pass.


“Dengan adanya Menara Langit ini maka diharapkan Ketep Pass semakin tumbuh dan berkembang, kunjungan wisatawan semakin meningkat sehingga ada multiplier effect," kata Adi.


Disampaikan pula, setelah PPKM dibuka, peningkatan dan kesadaran untuk berwisata semakin meningkat. Hal itu sudah nampak beberapa waktu belakangan ini, hampir semua destinasi wisata dikunjungi. 


"Target kunjungan wisata harus naik sehingga kesejahteraan khususnya masyarakat di sekitar lokasi wisata semakin bertambah," ujarnya.


Menara Langit Merapi Ketep Pass ini dilaunching, imbuh Adi, sekaligus menyambut kunjungan wisatawan di musim libur lebaran yang akan datang.


Plt. Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Ahmad Husein menambahkan, penataan DTW Ketep Pass bersumber dari DAK fisik bidang pariwisata tahun 2022, sebesar Rp3,6 miliar. 


"Borobudur sebagai Destinasi Super Prioritas mengharuskan kita untuk selalu berkreasi dan berinovasi secara profesional dalam rangka melayani wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara," ucapnya.


Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya dalam mendukung Destinasi Pariwisata Super prioritas (DPSP) Borobudur yang juga merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-39 Kota Mungkid tahun ini.




Direktur BPOW Ketep Pass Mul Budi Santoso menjelaskan, launching Menara Langit Ketep Pass sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas dan juga para pelaku wisata. Menara Langit ini merupakan wahana baru yang mewakili ikon sebelumnya terkenal dengan sebutan gardu pandang (GP) Ketep Pass. 


“Nah sekarang betul-betul Ketep Pass memiliki gardu pandang," ujarnya.


Menara langit ini merupakan menara yang dalam satu titik spot, bisa menikmati keindahan 360 derajat dengan melihat 8 gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, Merbabu, Telomoyo, Menoreh dan Tidar di Kota Magelang.


Ia berharap dengan penambahan wahana ini, menambah banyak kunjungan tidak hanya di Ketep Pass namun juga objek wisata sekitarnya.


Harga tiket tanda masuk Menara Langit masih dalam masa promosi selama 6 bulan, yakni Rp9.000. Pengunjung bisa menikmati juga Volcano Theater. Tarif itu di luar HTM sebesar Rp10.500 (weekday) dan Rp12.500 (weekend).


Untuk kenyamanan pengunjung, maka kapasitas wisatawan yang diperbolehkan naik dibatasi hanya 80 orang.


“Meski secara teknis bisa untuk 150 orang, namun tetap kita batasi 80 orang saja. Mereka diperkenankan berada di atas paling lama 15 menit," kata Bodrek, sapaan akrabnya.


Bodrek menyebutkan, waktu terbaik untuk menikmati wahana baru ini kalau pagi hari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, meski bulan-bulan ini masih tertutup kabut. Sedangkan sore hari pukul 15.30 sampai 16.30 WIB menjadi view terbagus melihat sunset.


Dinamakan Menara Langit Merapi, karena Ketep Pass ini menjadi salah satu tempat pengamatan Gunung Merapi, hingga Menara ini bisa menjadi sarana mitigasi. Lokasi ini juga aman dari erupsi karena berjarak 9,5 km dari puncak gunung Merapi (KRB 3). Menara langit Merapi berada di ketinggian 1.500 MDPL, dengan ketinggian menara 18 meter.



Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar