Jaga Stabilitas Pangan dan Keamanan, Bupati Magelang Pantau Pospam Nataru

Dilihat 1617 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP memantau Pospam Nataru 2019 di Kecamatan Muntilan, Rabu (26/12).

BERITAMAGELANG.ID - Guna memastikan wilayahnya siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP melakukan pemantauan ke sejumlah titik keamanan Pospam Terpadu, Rabu (26/12). Pemkab Magelang juga fokus terhadap kondisi cuaca ekstrim dan potensi bencana di penghujung tahun ini.


Selain pematauan kondusivitas Nataru 2019, pantauan ini juga untuk memastikan harga dan pasokan kebutuhan pokok di masyarakat terkendali.


"Kita pastikan betul bahwa di Kabupapten Magelang jenis kebutuhan pokok masih dalam jangakaun daya beli masyarakat kita, Tidak boleh ada yang harganya melebihi angka 10 persen. Harus di bawah 10 persen," tegasnya.


Meski upaya menekan inflasi itu terus dilakukan oleh Pembkab Magelang, naiknya bahan baku telah menyebabkan beberapa komoditas harus mengalami kenaikan harga.


"Memang karena bahan bakunya yang sulit. seperti halnya naiknya harga telur ayam, itu akibat naiknya harga pakan," jelasnya.


Demikian pula Bulog memastikan pasokan beras untuk dua bulan ke depan masih cenderung aman. 


"Bulog memastikan bahwa stok beras kita masih aman hingga di bulan Februari yakni 8.500 ton," ungkapnya. 


Sementara itu, dalam menghadapi Nataru 2019 dan cuaca ekstrim, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Perhubungan dan BPBD telah melakukan sejumlah antisipasi mulai dari perbaikan akses jalan, pemasangan lampu penerangan jalan dan rambu peringatan titik rawan tanah longsor dan erupsi Gunung Merapi.


"Karena Natal dan tahun baru kali ini yang diikuti cuaca ekstrim curah hujan cukup tinggi, BPBD dari awal mensiagakan para relawannya. Jika terjadi sesuatu siap bergerak 24 jam untuk melakukan evakuasi ataupun reaksi yang dibutuhkan oleh masyarakat," paparnya. 


Titik pertama dalam pemantauan tersebut adalah Pospam Candi Borobudur. Di lokasi ini Bupati yang didampingi Dandim 0705 Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto dan jajaran Forkopimda melihat langsung aktivitas wisatawan. 


Bupati Magelang bersama rombongan melanjutkan pemantauan arus lalu lintas jalan raya Magelang Semarang di Pospam pertigaan besar Blondo dan Kecamatan Muntilan.


Dalam kesempatan itu, selain beramah-tamah dengan personil TNI Polri yang bertugas, Bupati juga memberikan arahan dan motivasi agar semua senantiasa mengedepankan rasa tanggung jawab dan selalu waspada dalam melayani masyarakat.


Menurutnya, Liburan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) menjadi momentum penting bagi masyarakat. Pemantauan berlangsung dari tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2019 mendatang.


"Ini untuk memastikan bahwa sodara sodara kita yang merayakan Natal dan tahun baru bisa berjalan lancar dan aman, penuh kegembiraan," pungkasnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar