'Open Data' Mudahkan Akses Informasi Masyarakat

Dilihat 2710 kali
Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Drs. Sugiyono, M.Si membuka Sosialisasi dan Pelatihan Open Data, Rabu (28/11)

BERITAMAGELANG.ID - Data memiliki peran penting dalam menentukan kebijakan pemerintah karena data sebagai sumber informasi bagi pembangunan daerah. Terkait hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Open Data bagi SKPD, Rabu (28/11) di Ruang Bina Praja Setda Kabupaten Magelang.

 

"Saat ini Kabupaten Magelang sedang menuju Smart City, di sinilah peran data dalam mewujudkan Kabupaten Magelang yang cerdas. Data-data yang berasal dari SKPD ini harus saling terintegrasi, sehingga diperoleh satu system Big Data untuk mendukung terwujudnya Smart City Kabupaten Magelang," demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Drs. Sugiyono, M.Si di sela kegiatan.

 

Guna mewujudkan Open Data, Dinas Kominfo berperan sebagai Walidata dalam penyusunan Data Sektoral selalu berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan SKPD sebagai sumber data. 

 

"BPS sebagai Pembina terkait data Sektoral sekaligus sebagai sumber Data Dasar. Sementara SKPD sebagai sumber data sectoral," jelas Sugiyono.

 

Data Sektoral, lanjut Sugiyono, adalah data yang diperoleh dari instansi pemerintah daerah maupun instansi vertical untuk kepentingan daerah.

 

"Kami harap SKPD dapat memahami Open Data dan data-data sectoral yang ada di masing-masing SKPD. SKPD dapat memberikan data-data sectoral secara online melalui Open Data Kabupaten Magelang yang sudah terintegrasi dengan Pemerintah Jawa Tengah," tandasnya.

 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai tahun 2015 sudah mulai membuat regulasi terkait pengelolaan data yaitu Perbup tentang Single Data. Seluruh data yang ada di SKPD berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan data untuk perencanaan pengendalian dan pelaksanaan pembangunan. 

 

"Namun demikian ada beberapa hal juga perlu kita realisasikan bahwa masyarakat juga ingin mengetahui perkembangan pelaksanaan pembangungan Pemerintah seperti apa. Oleh karena itu kami juga membuat aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat terkait dengan data dan informasi public yaitu yang namanya Open Data," demikian disampaikan Kasi Statistik DInas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Eko Sri Darminto, SH sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

 

Open Data merupakan aplikasi yang umum dan sifatnya terbuka dimana masyarakat dapat mengakses data-data dan aplikasi yang bersifat open source dan juga sudah dipakai oleh beberapa negara. 

 

"Kami juga mendapatkan aplikasi ini dari Kantor Staf Presiden yang mendorong kami untuk melakukan keterbukaan informasi oleh karena itu kami mendorong teman-teman kabupaten untuk juga mengaplikasikan, mengimplementasikan Open Data ini," pungkasnya. 

 

Fasilitas Open Data Kabupaten Magelang dapat diakses oleh masyarakat melalui portal opendata.magelangkab.go.id. Sistem Open Data diterapkan agar dalam penyelenggaraan statistic tidak terjadi duplikasi dan hasil kegiatan statistic sectoral dapat dimanfaatkan secara optimal serta dalam rangka menyusun metadatabase statistic sectoral yang dapat diakses oleh semua pihak. Kegiatan ini diikuti perwakilan 60 SKPD di wilayah Kabupaten Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar