Pansel Mulai Jaring Anggota Bawaslu Zona V

Dilihat 1602 kali
Kegiatan Sosialisasi Penyaringan dan Panjaringan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota, khusus Zona V. Dihadiri unsur masyarakat dan komunitas.

BERITAMAGELANG.ID - Panitia Seleksi (Pansel) Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Temanggung, Magelang Kota dan Kabupaten, atau disebut Zona V melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyaringan dan Penjaringan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota, khusus Zona V.


Salah satu Pansel Zona V, Dosen UIN Ypgyakarta. M. Fatkhan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam minggu ini di wilayah eks Karesidenan Kedu.


"Kegiatan sosialisasi ini menyasar masyarakat umum dan komunitas yang berpotensi terkait minat menjadi anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota. Kali ini sosialisasi dilaksanakan untuk wilayah Kota dan Kabupaten Magelang," ucap Fatkhan saat kegiatan Sosialisasi Panyaringan dan Panjaringan Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota, khusus Zona V, di Kalinegoro Mertoyudan Magelang Rabu (24/5/2023).


Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pansel Zona V, Pantjaraningtyas Putranto mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mempertajam penyampaian informasi kepada masyarakat.


"Meskipun sudah ada informasi di medsos dan website Bawaslu, tetapi perlu dilakukan penyampaian informasi langsung kepada masyarakat," ungkap Tyas.


Tyas menerangkan, secara teknis pendaftaran diawali dengan 10 hari penerimaan berkas pendaftaran bakal calon, yaitu pada 29 Mei sampai 7 Juni 2023. Kemudian perbaikan berkas 8 sampai 10 Juni 2023.


"Kalau yang daftar kurang kuotanya, kurang dari 40 orang pendaftar, dari 8 x 5, untuk Kabupaten Magelang, karena anggota komisioner ada lima orang anggota. Untuk Kota Magelang 24 pendaftar saja cukup.


Serta keterwakilan perempuan 30 persen. Bila kurang pendaftaran akan diperpanjang 13 sampai 15 Juni 2023. Kalau masih saja kurang tetap dijalankan," jelas Tyas.


Untuk selanjutnya pengumuman berkas 20 Juni, kemudian tes CAT 21 Juni sampai 23 Juni 2023. Kemudian Tes Psikologi 26 sampai 28 Juni. Pengumuman 3 Juli. Kemudian tanggapan masyarakat, untuk diklarifikasi, dan pada tanggal 7 Juli diumumkan.


Dilanjutkan Tes kesehatan 4 sampai 6 Juli. Pengumuman hasil tes kesehatan dan wawancara. Kemudian Uji kepatutan dan kelayakan oleh pusat. Pengumuman anggota terpilih 12 Agustus 2023.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar