Penggemar Tempe Wajib Coba Mendoan Jumbo di Borobudur

Dilihat 6651 kali

BERITAMAGELANG.ID - Siapa tak kenal tempe? Hidangan khas Indonesia ini bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, salah satunya tempe mendoan.


Tempe yang dibalur tepung terigu, diberi bumbu khas Indonesia dan digoreng renyah tentu saja jadi kegemaran orang untuk dimakan dengan nasi hangat. 


Di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur, tepatnya di Dusun Ngaran 1, ada warung kuliner tempe yang diolah jadi Mendoan Jumbo. Mendoan Jumbo ini kurang lebih berukuran 20 x 10 cm. Teksturnya tebal namun empuk saat dikunyah. Satu lembar saja dilahap tanpa nasi, dijamin kenyang. 


Istiqomah (30) bersama suaminya Wanto (35) mengaku sudah tiga tahun ini berjualan tempe Mendoan Jumbo. Mereka mendatangkan tempe langsung dari daerah asalnya, Kebumen, Jawa Tengah.


"Awalnya banyak orang bertanya-tanya kenapa jauh-jauh ambil di Kebumen, tapi karena ada orang yang udah mencoba, katanya emang tempe Kebumen itu lebih empuk," ungkap Istiqomah di sela melayani tamu kulinernya.




Meski berjualan makanan tradisional, Isti mengaku tidak takut bersaing dengan jajanan kekinian yang kini banyak dijual.


"Ngga (takut), justru malah kalau lagi di pameran paling laris. Abis pameran pada nyamperin beli di rumah," katanya.


Jika ramai pengunjung, ia bisa menggoreng sampai 50 bungkus atau 100 lembar tempe Mendoan Jumbo. Ada kalanya sepi, hanya 20 bungkus atau 40 lembar mendoan yang terjual.


"Dulu masih awal-awal pernah nggoreng cuma lima lembar, masih cari pelanggan, tapi kita rajin ikut pameran-pameran sambil ngenalin ke masyarakat," kenangnya.


Untuk membuat tempe Mendoan Jumbo hanya dibutuhkan bumbu-bumbu sederhana seperti tepung terigu, bawang putih, ketumbar, garam, penyedap rasa, dilengkapi daun bawang, dan seledri. Sebagai pelengkapnya, Mendoan Jumbo ini bisa dinikmati dengan bumbu kecap yang dimasak dengan bawang merah, bombay, dan cabe.


"Proses goreng (mendoan) kalau minyaknya panas, cemplung aja langsung setengah matang, dibalik, tunggu sebentar udah matang, gak sampe satu menit, asal minyaknya panas. Tapi juga selera sih kalau ada yang minta kering atau agak kering ya bisa," imbuh ibu dua anak ini.


Tak jarang, turis mancanegara juga bertandang ke warung ini untuk menikmati Tempe Mendoan Jumbo. Menurut Isti, mereka sangat suka dengan tempe Mendoan Jumbo ini dan bisa datang berulang kali esok harinya.


"Biasanya yang ke sini dari segala usia, turis juga banyak, dari Barcelona, Singapore, Malaysia pernah. Misal sore atau malam hari mereka ke sini, besoknya mereka datang lagi. I will come back tomorrow," selorohnya meniru ucapan para turis asing tersebut. 


Bagi penikmat kuliner, tempe mendoan ini dijual cukup murah, tiga lembar seharga Rp. 10.000,-. Bagi turis asing, satu lembar tempe Mendoan Jumbo ini dijual seharga Rp 5.000,-.


Kalau penasaran, tempe Mendoan Jumbo ini cukup mudah dicari, letaknya di Dusun Ngaran 1 RT. 3 Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selamat mencoba.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar