Peringati Hari Kartini, Ratusan Ibu Ikuti Tes IVA

Dilihat 1854 kali
Peringati Hari Kartini, Forkompimcam Srumbung Kabupaten Magelang Jawa Tengah menggelar bakti sosial pemeriksaan tes IVA gratis, Sabtu (21/04)

BERITAMAGELANG.ID - Peringatan Hari Kartini di sebuah Kecamatan lereng Gunung Merapi Kabupaten Magelang Jawa Tengah digelar secara sederhana tanpa pakaian adat maupun prosesi upacara seperti pada umumnya. Namun, mereka menggelar bakti sosial dan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker serviks alias kanker leher rahim, Sabtu (21/04).

Bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Kartini tersebut merupakan inisiatif Tim Penggerak PKK Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim medis Puskesmas Srumbung itu dilakukan terhadap ibu rumah tangga, dan wanita dari 17 desa yang ada di lereng Gunung Merapi. 

Camat Srumbung Taufik Yahya mengatakan, peringatan hari Kartini tahun ini sengaja digelar berbeda tanpa menggenakan pakaian adat seperti biasanya. Kegiatan lebih bertujuan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

"Tahun ini peringatan hari Kartini kita mengangkat tema kesehatan untuk kaum perempuan dengan test IVA untuk deteksi dini kanker serviks alias kanker leher rahim seperti harapan program Pemerintah. Karena perempuan sehat menunjang generasi bangsa kuat," jelas Taufik.

Sejak pagi, dengan antusias warga sudah mengantri di ruang tunggu Puskesmas Srumbung. Mereka juga mendapatkan sosialisasi terkait bahaya kanker serviks dan cara mendeteksi dini penyakit tersebut dari Komunitas Cerdik (Cegah Kangker Servik) IVA Kecamatan Srumbung. 

Kelompok masyarakat, khususnya ibu rumah tangga di lereng Merapi mayoritas pekerja keras, mereka bertani ladang dan aktifitas lainnya. Dengan kondisi itu mereka masih awam terkait IVA dan cara deteksi dini pencegahannya. 

Kepala Puskesmas Srumbung Eko Prayitno mengungkapkan, sosialisasi rutin dilakukan. Target dari aksi cerdas tersebut adalah menekan angka penderita kanker serviks atau kanker rahim hingga 5%.

"Sosialisasi gencar dilakukan, kita fokus terhadap pemantauan pada tingkat prevalensi atau kerentanan penderita IVA pada perempuan usia subur antara 30 - 50 tahun,"  jelas Eko.

Lebih lanjut Eko mengungkapkan, untuk Kecamatan Srumbung hingga saat ini jumlah penderita IVA belum terdeteksi secara menyeluruh, mengingat kesadaran masyarakat masih minim.

Diharapkan dengan kegiatan ini kita mendapat data akurat, sehingga bisa lebih fokus untuk upaya penanganan maupun pencegahan," harapnya.

Selain digelar pemeriksaan IVA gratis, peringatan hari kartini juga diisi dengan senam sehat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Srumbung, diantaranya Kapolsek Srumbung Iput Daryanto dan Danramil 16 Srumbung Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Sukenang dan segenap kader Penggerak PKK Kecamatan Srumbung.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar