Peringati Hardiknas, Disdikbud Selenggarakan Gelar Karya Pendidikan

Dilihat 1757 kali
Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto didampingi istri dan jajaran Forkopimda saat membuka sekaligus meninjau acara Gelar Karya Pendidikan di lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid.

BERITAMAGELANG.ID- Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan 'Gelar Karya Pendidikan' mulai tanggal 2 hingga 4 Mei 2024 di lapangan drh Soepardi, Sawitan, Kota Mungkid, Kamis (2/5/2024).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengatakan, kegiatan Gelar Karya Pendidikan ini bertujuan untuk memperkokoh identitas bangsa melalui peringatan Hardiknas tahun 2024 ini.

Kemudian sebagai wadah untuk merayakan prestasi peserta didik dalam dunia pendidikan, baik itu prestasi akademis maupun non-akademis. Selain itu peserta juga dapat mengekspresikan talenta dari jenjang PAUD, SD dan SMP.

Kegiatan ini juga sebagai ajang peningkatan budaya literasi melalui pameran karya projek penguatan profile Pelajar Pancasila (P5), serta menghargai peran penting pendidikan dalam pembangunan individu, masyarakat, bangsa dan negara.

Dengan mengangkat tema 'Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar' kegiatan Gelar Karya Pendidikan ini juga diharapkan mampu memotivasi para siswa untuk lebih berprestasi serta mampu menciptakan ide-ide kreatif.

"Ada sekitar 800 peserta pada acara ini dan kurang lebih 70 stand pameran menarik yang bisa dikunjungi," bebe Husein.

Lebih lanjut Husein mengatakan bahwa, kegiatan Gelar Karya Pendidikan ini juga sebagai salah satu upaya pemulihan pendidikan setelah terjadinya Pandemi selama kurang lebih tiga tahun.

"Kami berharap melalui momentum inilah semangat di bidang pendidikan dapat bertumbuh dengan baik. Dan tentu kami juga mendukung Merdeka Belajar dapat terus dilanjutkan," ungkap Husein.

Adapun stand pada kegiatan Gelar Karya Pendidikan ini menampilkan berbagai macam prestasi dari jenjang PAUD, SD dan SMP seperti karya kreatif pembuatan kaos, karya pembuatan produk konsumsi baik minuman maupun makanan.

Selain itu, selama tiga hari ke depan juga akan ada pentas karya seni yang akan ditampilkan, seperti tari Soreng, tari Dalangan, tari Bambangan Cakil, Drama Musikal, Rebana Klasik, Karawitan, dan Wayang Orang 

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar