Presiden Jokowi Pantau Harga Sembako di Pasar Blabak Magelang

Dilihat 1020 kali
Presiden Joko Widodo saat melakukan pemantauan harga sembako di Pasar Blabak, Kecamatan Mungkid, Senin (29/1/2024).

BERITAMAGELANG.ID - Presiden Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magelang, Senin (29/1/2024). Kali ini, dia mengunjungi Pasar Blabak, Kecamatan Mungkid untuk memantau harga sembako.


Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut antusias oleh pedagang dan warga di Pasar Blabak. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tadyo Budi Revita, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dan Bupati Magelang Zaenal Arifin turut mendampingi Jokowi.


Di Pasar Blabak, Jokowi berbincang dengan sejumlah pedagang. Mereka turut mengabadikan momen kedatangan Presiden tersebut. Selain memantau harga di tingkat pedagang pasar, dia juga membagikan paket sembako kepada para pedagang.


Jokowi mengaku, sudah hampir dua pekan tidak mengunjungi pasar tradisonal. Sehingga dia menyempatkan waktu untuk mengecek harga sembako di Pasar Blabak saat kunjungan kerja di Kabupaten Magelang.


"Hampir semuanya (harga sembako) baik," paparnya.


Dikatakan, harga sejumlah bahan pokok relatif stabil dan normal. Harga cabai rawit saat ini berada di kisaran Rp30.000 per kilogram dan bawang merah Rp20.000 - Rp22.000 per kilogram. Hanya saja, komoditas beras sedikit mengalami kenaikan.


Kenaikan harga beras itu, dia menilai, dikarenakan belum masa panen raya.


"Harga bahan-bahan pokok masih stabil, hanya beras yang mengalami sedikit kenaikkan karena belum panen raya. Nanti kalau produksinya melimpah pas panen raya pasti turun," jelas Jokowi. 


Seorang pedagang sembako, Upik mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir, harga sejumlah bahan pokok normal, tidak mengalami kenaikan. Ia menyebut, harga telur ayam Rp28.000 per kilogram, minyak goreng Rp16.000 per liter, dan ayam potong Rp35.000 per kilogam.


Sedangkan beberapa komoditas justru mengalami penurunan. Diantaranya harga cabai merah keriting sebelumnya Rp60.000 menjadi Rp45.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 menjadi Rp22.000 - Rp25.000 per kilogram. Lalu, bawang putih yang semula Rp38.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.


"Untuk harga beras mengalami kenaikan menjadi Rp15.000 per kilogram dari sebelumnya Rp13.000 - Rp13.500 per kilogram," katanya. 


Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, persediaan pangan di wilayahnya dipastikan masih aman. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan. 


"Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, sebab stok bahan pangan sudah mulai meningkat. Dengan begitu, harapannya harga-harga bahan pokok stabil atau normal," bebernya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar