Puluhan Kelinci Beraksi Lucu Dalam Magelang Rabbits Roadshow

Dilihat 2551 kali
Proses penjurian Magelang Rabbits Roadshow di Artos Mall, Sabtu (01/12)

BERITAMAGELANG.ID - Memasuki pusat perbelanjaan Hall A Artos Mall Magelang, pengunjung akan disuguhi pemandangan puluhan kelinci berukuran besar yang dipamerkan dalam ajang Magelang Rabbit Roadshow 2018.

Tidak hanya dipamerkan, hewan-hewan berbulu tebal dan menggemaskan ini juga dilombakan dalam sebuah kontes.

Ketua Asosiasi Guyub Rukun Peternak Kelinci (GRPK) sekaligus Ketua Penyelenggara Magelang Rabbit Show, Ilham Giantara menjelaskan, lomba dibagi dalam tiga grade atau jenis kelinci, yakni Rex, New Zealand dan Flemish Giant.

"Acara hari ini banyak edukasi ke masyarakat cuma ingin (supaya) mengetahui SOP lomba standar ARBA (Asosiasi Rabbit Breeding America) dan penjualan (pengenalan) GRPK," kata Ilham di sela acara.

Beragam penilaian dilakukan untuk mencari kelinci terbaik dalam event ini, mulai dari postur, bulu, hingga warna.




Sebanyak 45 ekor hewan bertelinga panjang dan berpostur besar, mengikuti ajang Magelang Rabbit Roadshow. Ilham mengungkapkan, untuk menghasilkan kelinci berpostur besar, cukup dengan perawatan sederhana, jenis makanannya pun cukup mudah didapatkan.

"Jenis makanannya banyak menggunakan pelet, sama rumput kering, jadi harus dikeringkan (dijemur) dulu sampai layu," ungkapnya.

Jenis kelinci yang dipamerkan dalam event ini merupakan jenis 'pure' atau ras murni yang masih terjaga dan didatangkan dari Amerika. Menurut Ilham, minat peternak kelinci di Kabupaten Magelang masih kurang. 

"Kami berharap dengan adanya event ini dunia perkelincian di Magelang lebih dikenal, prospek daging ke depannya bisa menyamai ayam karena mindset orang, kelinci itu bukan untuk dipotong tapi untuk dipelihara hobi. Kami harap juga bisa mengedukasi masyarakat bahwa beternak kelinci juga bisa mengangkat perekonomian," harapnya.

Magelang Rabbit Roadshow menghadirkan juri Erdos Pinilih, praktisi ahli perkelincian dari Ungaran, Semarang. Tidak hanya menyaksikan lomba, pengunjung juga bisa menyaksikan beragam aksi lucu kelinci yang dipamerkan dalam kandangnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar