Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Magelang Boyolali

Dilihat 1105 kali

BERITAMAGELANG.ID - Hujan dengan durasi panjang memicu tebing setinggi 20 meter di lereng Gunung Merbabu Kabupaten Magelang longsor menutup jalan Magelang-Boyolali.


Lokasi longsor di km 18 tepatnya di Dusun Gintung Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang ini terjadi pada Kamis (11/11) malam. Longsor terjadi setelah hujan mengguyur wilayah tersebut. Untuk keselamatan, arus  lalu lintas kendaraan dari kedua arah sementara waktu dialihkan ke sejumlah jalan alternatif hingga proses pembersihan material longsoran selesai.


Setelah sempat terkendala cuaca, pada Jumat (12/11) pagi sekitar pukul 11.30 WIB akses ini bisa kembali dilewati kendaraan. Dalam upayanya, BPBD Kabupaten Magelang menerjunkan alat berat milik Bina Marga Provinsi Jateng, TNI, Polri, relawan dan warga untuk membuka akses jalan yang tertutup material longsoran sepanjang 25 meter dengan ketebalan mencapai 1 meter tersebut.


"Hari ini yang terpantau ada 4 titik longsor 2 bisa dilalui kendaraan dan hari ini harus kita laksanakan (pembersihan) kerja cepat agar bisa kembali dilewati oleh masyarakat," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Warsono di lokasi.


Dijelaskan Edi, material longsor juga menutup jaringan irigasi pertanian serta ditemukan retakan di atas tebing yang berpotensi memicu longsor susulan. Untuk itu pihaknya mengimbau warga masyarakat untuk ekstra waspada saat melintas di jalur ini.


"Setelah kita cek, potensi longsor susulan masih ada. Sehingga saat ini pohon yang agak miring berpotensi jatuh kita potong. Selain itu kita juga berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk selalu waspada," ungkap Edi.


Sementara itu, KA TU Bina Marga Provinsi Jateng Parjo mengatakan proses pembersihan dilakukan secara langsung setelah tim dan alat berat mencapai lokasi Kamis malam. 


"Progressnya kita upayakan sesegera mungkin dari malam hingga siang ini mengingat kondisi di lapangan sudah mendung," ujar Parjo.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar