Covid-19 Naik Drastis, Pemkab Magelang Kembali Siapkan RS dan Ruang Isoter

Dilihat 3096 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin mengungkapkan kenaikan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang hampir mencapai 100 persen dalam tiga hari terakhir. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah Testing (pemeriksaan) Tracing (pelacakan) dan Treatment (perawatan) 3T.


"Kenaikan Covid di Kabupaten Magelang cukup luar biasa, hampir ada kenaikan 100 persen. Dari 80 kasus menjadi 160-an kasus per hari dan sekarang kita sudah di 200 sekian, maka Dinas Kesehatan dibantu dari TNI dan Polri harus segara melakukan langkah 3T," tegas Zaenal usai acara Apel Penyerahan Penghargaan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Nakes di halaman Polres Magelang, Kamis (10/2).


Kemudian, lanjut Zaenal, sesuai arahan Presiden yang harus dilakukan adalah percepatan vaksinasi. Karena kekebalan bersama (Herd Immunity) harus segera terbentuk. 


"Alhamdulilah kesadaran masyarakat Kabupaten Magelang untuk dosis 1 dewasa sudah mencapai angka 82 persen. Namun di situ ada yang belum tervaksin, maka ini yang kita dorong untuk semuanya bisa tervaksin sampai 100 persen sehingga kekebalan bersama bisa kita ciptakan," kata Zaenal.


Menurutnya, pengalaman pada gelombang 1 dan gelombang 2 Covid-19 telah memberikan makna untuk bagaimana cara mengantisipasi lonjakan kasus yang lebih masif pada situasi-situasi tertentu.


Beberapa hari yang lalu Kabupaten Magelang juga mengalami naik level PPKM, yang semula level I saat ini menjadi level II. Terkait hal tersebut Pemerintah Pusat juga telah membuat regulasi aturan baik di level I, II, dan III.


"Maka kita akan rapatkan bersama karena sisi ekonomi ini juga harus tumbuh dan butuh kreativitas kita bersama tanpa melanggar aturan," ungkapnya.


Mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19 gelombang 3, Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah menyiapkan beberapa Rumah Sakit Umum Daerah, ketersediaan oksigen dan Isolasi Terpusat (Isoter) yang akan ditingkatkan kembali.


Namun demikian, Zaenal juga menganjurkan kepada masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 tidak cukup berat diharapkan melakukan isolasi mandiri saja. 


"Karena Rumah Sakit itu dibutuhkan ketika sudah dalam kondisi yang berat, sedangkan dengan gejala sedang bisa di Isoter saja," pungkas Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar