Agus Triyono, Promosikan Wisata Magelang Dengan Berjalan Kaki ke Jakarta

Dilihat 1796 kali
Agus Triyono punya cara unik promosikan wisata Magelang dengan berjalan kaki ke Jakarta, Minggu (22/04)

BERITAMAGELANG.ID - Niat dan cita-cita Agus Triyono (37), warga Dusun Puton, Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk mempromosikan dunia kepariwisataan di Magelang patut diapresiasi. Pemuda lajang ini, berjalan kaki dari Magelang ke Jakarta, seorang diri. Aksinya ini, sebenarnya sudah pernah ia lakukan, namun kali ini misinya berbeda. Sebelumnya pada November 2017, ditemani salah satu temannya Ahmad Rofiq (25), ia juga berjalan kaki Magelang - Jakarta untuk menyerahkan bambu runcing kepada Presiden Joko Widodo saat Hari Pahlawan. 

Pada kesempatan kali ini, Agus kembali melakukan aksi long marchnya menuju Jakarta yang berjarak 630 kilometer dari Kabupaten Magelang.

"Long March yang saya lakukan ini dalam rangka memperingati hari Bumi Sedunia. Dimana nantinya saya akan melakukan perjalanan dari sini (Hotel Plataran Heritage Borobudur) menuju Monas yang berada di Jakarta dengan berjalan kaki," kata Agus, sebelum berangkat dari Hotel Plataran Heritage Borobudur, Senin (22/04) sore.

Kegiatannya kali ini tidak semata-mata dilakukan untuk mencari sensasi. Tetapi untuk membawa sebuah misi, yakni mempromosikan pariwisata Magelang.

"Nantinya saya akan membawa bendera merah putih dan membawa bendera Pesona Magelang menuju Monas. Dan dalam perjalanan nanti, saya juga akan mempromosikan pariwisata di Magelang ini kepada masyarakat luas," ungkapnya.

Agus menargetkan akan tiba di Jakarta tepatnya Monas, sekitar 18-20 hari. Nantinya ia akan mengambil jalur selatan. Dimulai dari Magelang, Purworejo, Kutoarjo, dan seterusnya hingga Monas. 

Aksinya kali ini didukung komunitas pariwisata Pesona Magelang. Selain itu juga didukung komunitas Agus bersaudara, Komunitas Anak Rantau Magelang Damai (Armada), Arman Plataran Heritage, serta pendukung lainnya.

Ketua Komunitas Pesona Magelang, Syahrudin mengatakan, aksi yang dilakukan Agus adalah bagian dari kampanye unik pariwisata Magelang.

"Kami berharap kegiatan ini mampu mendongkrak trafik informasi pariwisata Magelang kepada masyarakat luas. Sebelumnya, kami juga sudah sering melakukan beberapa kegiatan. Diantaranya pelatihan digital marketing, mengundang tour sejumlah biro perjalanan wisata ke Magelang, pelatihan bahasa inggris, pelatihan promosi lewat medsos, pelatihan home stay dan lainnya," jelasnya.

Dari kegiatan long march ini, ujungnya pada tanggal 10 Mei mendatang pihaknya akan menjemput Agus di Monas dan mengajaknya ke Kementerian Pariwisata.

"Dan nantinya akan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen yang isinya usulan-usulan dari komunitas pariwisata di Kabupaten Magelang tentang pembangunan dan peningkatan pariwisata Magelang, terutama di bidang SDM," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar