Atasi Masalah Pangan, CPP Disalurkan Di Kabupaten Magelang

Dilihat 1688 kali
Penyaluran bantuan Cadangan Pangan Pemerintah kepada penerima manfaat

BERITAMAGELANG.ID - Sebagai wujud komitmen bersama antara Badan Pangan Nasional, Perum Bulog, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Pemerintah Daerah dalam menambah keteguhan dan memperkuat komitmen untuk kesejahteraan masyarakat serta mengatasi masalah pangan, kegiatan penyaluran bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dilakukan di Kabupaten Magelang.

Pemerintah Kabupaten Magelang, memberikan jaminan pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah agar memiliki akses terhadap kebutuhan pangan pada harga dan volume ideal untuk memenuhi kebutuhan.

"Sesuai amanat Perpres Nomor 125 Tahun 2022, penyaluran CPP dilakukan guna menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan dan dalam kondisi darurat," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi saat membacakan sambutan Setda Kabupaten Magelang dalam kegiatan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Balaidesa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan, Rabu 25/10/2023.

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu serta dapat menekan harga beras di pasaran, dikarenakan harga beras medium di pasaran sudah mencapai harga lebih dari 12 ribu rupiah.

"Dampak Elnino ini kan menyebabkan produksi pertanian terutama beras menurun, untuk itu disini pemerintah hadir untuk mengurangi beban masyarakat dengan penyaluran CPP. Semoga ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat," lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Magelang Romza Ernawan menyampaikan kegiatan penyaluran ini akan dibagi menjadi beberapa tahap di 21 Kecamatan. Salah satunya adalah Kecamatan Mertoyudan yang mendapatkan bantuan sebesar 90.045 kilogram.

"Kita mulai dari hari ini di Desa Pasuruhan yang mendapatkan bantuan beras sebesar 8410 kilogram untuk 841 penerima. Jadi setiap penerima mendapatkan 10 kilogram beras selama tiga bulan," katanya.

Dijelaskan Romza, teknis penyaluran bantuan beras CPP dilakukan dengan skema Perum Bulog akan mengirimkan bantuan beras ke masing-masing Pemerintah Desa. Kemudian beras tersebut akan dibagikan kepada masyarakat desa yang membutuhkan.

Kepala Desa Pasuruhan, Atik Hartiningsih menyampaikan terimakasih dengan penyaluran bantuan beras CPP oleh Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Perum Bulog. Dari sebanyak 2300 kepala keluarga yang ada di Desa Pasuruhan, sebanyak 841 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan.

"Ini sangat membantu, apalagi situasi ekonomi yang seperti ini terutama kenaikan harga beras di musim kemarau ini," katanya

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar