Bantuan Logistik Pemantauan Merapi Bagi 19 Desa KRB III

Dilihat 1302 kali
Penyerahan bantuan logistik untuk desa di KRB III

BERITAMAGELANG.ID-Sehubungan dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini, BPBD Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan pemberikan bantuan logistik pemantauan Merapi kepada 19 desa yang berada di wilayah KRB (Kawasan Rawan Bencana) III. Kegiatan droping bantuan logistik pemantuan bagi desa-desa di seputar gunung yang dikenal sebagai salah satu gunung teraktif itu dilansir oleh grup WA Kontributor BPBD Magelang sepanjang hari Senin 12 Desember 2023. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono, SH, membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD yang dipimpinnya. Keterangan itu diberikan kepada beritamagelang.id pada hari Senin, 11 Desember 2023.

"Bantuan logistik ini diberikan sifatnya tentatif mengingat saat ini desa-desa di KRB III harus terus terusan memantau aktivitas yang meningkat akhir-akhir ini. Sifatnya untuk mendukung kesiapsiagaan bersama." ungkapnya.

Edi mengatakan, status Gunung Merapi yang Tetap Siaga sejak tanggal 5 November 2020, potensi bahayanya saat ini berupa guguran lava dan awan panas. Masyarakatpun tidak diperkenankan melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat juga diminta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Merapi.

Kegiatan droping bantuan logistik pemantauan itu dibenarkan oleh beberapa perangkat desa di wilayah KRB III Gunung Merapi.

"Alhamdulillah, kami juga dapat bantuan dari BPBD. Terima kasih sekali bantuannya bermacam-macam jenis. Ada beras, masker, mie instan, sarden, saos kecap, dan minyak. Ini khusus untuk Posko Pemantuan yang akhir-akhir ini Gunung Merapi ada sedikit peningkatan," ujar Sudirman, Kaur Perencanaan Desa Ngablak Kecamatan Srumbung.

Berdasarkan data 19 desa yang berada di KRB III itu ada 8 desa di wilayah Kecamatan Srumbung yaitu, Desa Kaliurang, Desa Nglumut, Desa Ngablak, Desa Ngargosoka, Desa Tegalrandu, Desa Mranggen, Desa Srumbung, dan Desa Kemiren. Di wilayah Kecamatan Sawangan ada empat desa, yaitu Desa Kapuhan, Desa Wonolelo, Desa Sumber dan Desa Ketep. Dan tujuh desa di wilayah Kecamatan Dukun yaitu, Desa Ngargomulyo, Dea Kalibening, Desa Sengi, Desa Sewukan, Desa Paten, Desa Keningar dan Desa Krinjing.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar