Basirul Hakim : Sampai Saat Ini Sudah 9139 Berkas Pengajuan Program Bantuan UMK Masuk ke Disdagkop UKM

Dilihat 3295 kali
UMKM. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang, Drs Basirul Hakim, pengumpulan berkas bantuan UMKM dilakukan kolektif melalui desa.

BERITAMAGELANG - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang, Drs Basirul Hakim, mengatakan, terkait dengan Program Bantuan Pelaku Usaha Mikro, dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, yang diberikan kepada pelaku usaha kecil terdampak pandemi Covid-19, pihak Basirul sudah menerima 9139 berkas pengajuan yang masuk ke kantor dinasnya.


"Per Selasa (8/9/2020) kemarin sudah ada pengajuan berkas dari 9139 UMKM yang sudah kami terima," ucap Basirul, Rabu (9/9/2020), saat jumpa pers Gugus Tugas Kabupaten Covid 19 di Rumah Dinas Bupati Magelang.


Terkait berapa pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan mendapat bantuan sebesar Rp 2.400.000, Basirul belum dapat memastikan berapa jumlah UMKM di Kabupaten Magelang yang akan mendapatkan bantuan, dikarenakan pihaknya hanya melakukan pelayanan berkas masuk.


"Yang penting sudah memenuhi syarat kriteria bahwa benar-benar UMKM dengan surat pengantar dari desa. Untuk jumlah UMKM yang akan mendapat bantuan kami belum tahu, karena verifikasi berkas dilakukan oleh pusat.


Selain itu kuota usulan pengajuan bantuan ini dibatasi hanya dua belas juta pelaku UMKM se Indonesia," ungkap Basirul.


Basirul menambahkan, pengumpulan berkas pengajuan bantuan tersebut hingga Jumat (12/9/2020) yang dikumpulkan secara kolektif melalui pemerintah desa, hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerumunan saat mengumpulkan berkas di Kantor Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.


"Awal pekan ini masyarakat sempat datang langsung ke Kantor Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kabupaten Magelang, sehingga menimbulkan kerawanan penularan Covid 19. Oleh karenanya pengumpulan berkas, dilakukan secara kolektif melalui pemerintah desa," terang Basirul.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar