Berpakaian Adat Jawa, Bupati Magelang Pimpin Upacara Hari Guru

Dilihat 320 kali

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang berlangsung di Lapangan drh. Soepardi, Kota Mungkid, Sabtu (25/11/2023). 


Turut hadir dalam upacara tersebut, jajaran Forkompimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, Bunda PAUD Kabupaten Magelang, Christanti Handayani serta para kepala perangkat daerah. Upacara diikuti oleh seluruh anggota PGRI di Kabupaten Magelang.


Membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan, semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak untuk mewujudkan Merdeka Belajar, keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil dicapai bersama dalam empat tahun terakhir.


"Kita menghapus yang namanya ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya serta menerapkan asesmen nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, menyenangkan dan lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid," Kata Zaenal Arifin. 


Lebih lanjut, Zaenal menjelaskan, kurikulum merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.


Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar yang dimana jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka ini.


"Terobosan besar kita hadir dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak, program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata," ujarnya.


Terakhir, Zaenal menyampaikan, hal yang paling membahagiakan saat ini adalah sudah semakin dekatnya untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.


"Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," tutup Zaenal.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar