Dispuspa Gelar Bazar Buku Murah dan Produk UMKM

Dilihat 1039 kali
situasi bazar buku pada jam 07.00 pagi ini

BERITAMAGELANG.ID - Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang menggelar bazar buku dan produk UMKM yang diselenggarakan di Halaman Kantor Dispuspa Muntilan selama 14 hari pada 1-14 September 2023.


Disampaikan oleh Kabid Perpustakaan Dispuspa Kabupaten Magelang, Amroni, kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Gemar Membaca itu dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran mengunjungi perpustakaan dan kegemaran membaca.


Ia mengatakan kunjungan perpustakaan pasca pandemi sudah pulih bahkan pada tahun ini ditargetkan 27 ribu pengunjung. Ternyata di bulan Agustus target itu sudah tercapai.


Dijelaskannya kegiatan bazar buku itu didukung 12 penerbit yang tergabung dalam paguyuban penerbit Yogyakarta.


"Dalam acara ini selain ada stand buku juga ada pameran produk UMKM mitra program transformasi berpustakaan berbasis inklusi sosial, yaitu masyarakat pemustaka yang pernah mengikuti pelatihan lifeskill di Dispuspa," ungkapnya.


Semarak kunjung perpustakaan dan gemar membaca pada tahun ini mengambil tema Ayo Kunjungi Perpustakaan, Raih Ilmu Raih Kesejahteraan.


Selain bazar buku dan pameran produk UMKM, diselenggarakan pula kegiatan lain seperti talkshow bersama Bunda Literasi, lomba mewarnai tingkat TK/RA, lomba melukis tingkat SD/MI, pentas teater bocah/tari PAUD, dongeng dan magic show bersama Kakak Akur pesulap jujur, pameran produk UMKM mitra program transformasi sosial perpustakaan, dan pembinaan motivasi dan pembagian hadiah dari Bunda Literasi.


Kegiatan semarak kunjung perpustakan dan gemar membaca mempunyai sejarah panjang. Sudah ada sejak zaman Orde Baru. Kunjung Perpustakaan diperingati secara nasional setiap tanggal 14 September. Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995.


Berawal dari surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden Soeharto. Surat tersebut berisi usulan pencanangan hari kunjung perpustakaan pada 14 September.


"Peringatan tersebut bertujuan untuk menanamkan pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca," ujarnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar