Hujan, Upacara Hari Amal Bakti Kemenag Berjalan Lancar

Dilihat 1752 kali
Penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP

BERITAMAGELANG.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 tahun 2019 yang diselenggarakan di Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid Kabupaten Magelang, Kamis (03/01).


Walupun hujan turun cukup deras, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar diikuti ratusan peserta dari kalangan guru atau pegawai Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) hingga Madrasah Aliyah (MA) serta ratusan pegawai di lingkungan Kemenag Kabupaten Magelang.


Pada upacara tersebut, Bupati magelang Zaenal Arifin, SIP menjadi Inspektur upacara.


Dalam sambutannya ia menjelaskan, 73 tahun lalu, tepatnya pada 3 Januari 1946, Pemerintah RI atas usul Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama serta mengangkat Menteri Agama yang pertama yakni Haji Mohammad Rasjidi.


"Pembentukan Kementerian Agama adalah peristiwa penting serta bersejarah bagi negara kesatuan Republik Indonesia sekaligus menandai sebagai negara yang bercorak religius nasionalis," jelasnya.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, pembentukan Kementerian Agama juga tidak bisa dilepaskan dari perjalanan bangsa Indonesia karena agama tidak bisa dijauhkan dari kehidupan bangsa serta negara.


"Dimana semangat serta motivasi keagamaan telah menjadi sumber kekuatan kita dalam mencapai maupun meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, serta melindungi keutuhan NKRI," lanjutnya.


Bupati berharap peringatan ulang tahun Kementerian Agama ini semakin memperkuat komitmen bersama dalam merekatkan persaudaraan dan kasih sayang antar sesama umat beragama.


"Tanpa memandang latar belakang apapun demi terciptanya masyarakat Kabupaten Magelang yang damai dan sejahtera," tandasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada tiga orang ASN karena telah mengabdi selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya di lingkungan Kemenag Kabupaten Magelang.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar