DPMPTSP Tingkatkan Kemampuan Public Speaking para Petugas Gerai Mal Pelayanan Publik

Dilihat 18 kali
Fany Rachma, Pranata Humas Diskominfo Kabupaten Magelang dan Dini Anggraeni, penyiar radio Unnima FM menjadi narasumber tentang public speaking dan podcast.

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang menyelenggarakan talkshow khusus bertajuk "Public Speaking for Excellent Service" di Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Kamis (27/11).

Acara ini secara khusus ditujukan bagi para petugas gerai di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magelang, yang belakangan ini semakin tinggi tingkat kunjungannya.

Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Magelang, Adang Atfan Ludhantono mengungkapkan, talkshow ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Teman-teman di pelayanan gerai ini perlu tips ketika melayani masyarakat. Walaupun sudah capek, tapi tetap bisa tersenyum," kata Adang.

Ia berharap, ilmu yang ditularkan oleh para narasumber yang memiliki jam terbang tinggi dapat diaplikasikan langsung oleh pegawai gerai MPP.

Talkshow menghadirkan dua narasumber, yaitu Fany Rachma, Pranata Humas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang, dan Dini Anggraeni, yang memiliki nama udara Jasmine, penyiar radio Unimma FM.

Fany Rachma dalam sesinya memaparkan materi tentang Public Speaking untuk "Membangun Citra Pelayanan Prima Mal Pelayanan Publik". Ia menjelaskan urgensi kemampuan berbicara di depan publik, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu, public speaking mewakili wajah dan suara lembaga, membangun kredibilitas di mata publik, menghindari salah paham dan berita bohong (hoaks), dan memperkuat hubungan dengan media.

"Sebagai ASN, penting memiliki public speaking karena kinerja kita disorot oleh masyarakat," tegas Fany.

Ia juga mengupas tuntas mengenai prinsip komunikasi efektif, bahasa tubuh, penampilan, teknik vokal, serta struktur pesan. Fany mengingatkan para audiens agar menghindari kesalahan umum seperti berbicara terlalu cepat.

"Santai saja, tarik napas, kita sampaikan dengan jelas dan hati-hati," ujarnya.

Ia menutup sesinya dengan menekankan bahwa public speaking bukanlah bakat, melainkan keterampilan yang dapat dilatih.

Materi kedua disampaikan Dini Anggraeni tentang "Merancang dan Mengelola Podcast Interaktif untuk Sosialisasi Layanan pada Mal Pelayanan Publik".

Dini menjelaskan format podcast menjadi penting dalam menyampaikan informasi pelayanan publik di era digital, yaitu, mudah diakses di mana pun, memberikan sentuhan manusiawi (human touch), mengatasi kejenuhan informasi, memfasilitasi klarifikasi layanan, dan membangun citra modern MPP.

"Dengan podcast, dimanapun bisa diakses. Informasinya tentunya terkait dengan pelayanan-pelayanan. Melalui podcast dapat interaktif dengan masyarakat bisa melalui chat WA, pesan di Youtube maupun melalui telepon," terang Dini.

Menurut Dini, dengan memanfaatkan podcast, MPP Kabupaten Magelang dapat menjadi lebih ramah, modern, dan edukatif sebagai alat komunikasi publik yang efektif.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar