Hujan Deras Picu Tanah Longsor di Secang

Dilihat 1995 kali
Tanah longsor rusak rumah warga Elo Jetis Pancuran Mas Secang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (19/05)

BERITAMAGELANG.ID - Hujan deras selama beberapa jam menyebabkan bencana tanah longsor di Dusun Jetis, Desa Pancuran Mas Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (19/05).  Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun satu unit rumah rusak berat dan sejumlah rumah lain dalam kondisi terancam longsor susulan.

Sesuai data Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, tanah longsor terjadi pukul 17.00 WIB setelah hujan deras mengguyur kawasan Secang sejak pukul 15.00-17.00 WIB.

"Hujan tersebut, menyebabkan tebing setinggi 3 meter dengan panjang 9 meter di lingkungan perumahan Elo Jetis longsor pada pukul 17.00 WIB," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Magelang, Didik Wahyu Nugroho, saat dihubungi, Minggu (20/05).

Dampak dari tanah longsor ini, lanjut Didik, adalah kerusakan rumah milik Gagah (31) yang jebol di bagian dindingnya. Selain tidak layak huni, 3 jiwa keluarga Gagah terpaksa mengungsi ke lokasi yang dianggap aman.

"Keluarga yang terkena longsor tersebut mengungsi di rumah tetangganya yaitu rumah Bapak David yang kebetulan kosong/tidak dihuni. Ancaman susulan talud masih labil. Rawan longsor mengancam 7 rumah lain," terang Didik.

BPBD Kabupaten Magelang telah menyalurkan bantuan sekaligus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi bahaya longsor susulan. Sementara itu, warga, TNI, Polri dan relawan, Minggu pagi langsung membersihkan material longsoran.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar