Ini Para Juara Lomba Krenova Kabupaten Magelang

Dilihat 3063 kali

BERITAMAGELANG.ID - Heni Setyowati, SPK, M.Kes., Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang berhasil memenangkan Anugerah Kreativitas dan Inovasi (Krenova) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Magelang. Heni Setyowati menjadi juara karena inovasinya menciptakan alat pengurang rasa sakit atau nyeri persalinan bernama Pain Digital Acu pressure (PDA). Hadiah berupa tropi, Piagam dan uang pembinaan sebesar 4,5 juta rupiah diserahkan langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP di Pendopo Soewardi Kota Mungkid, Selasa (18/12).

"Pemerintah Kabupaten Magelang mengucapkan selamat dan mengapresiasi pada para pemenang karena sekarang memang negara kita sudah memasuki era revolusi digital 4.0 yang berarti kita harus selalu siap berinovasi dan berkreasi menyesuaikan perkembangan teknologi. Jika tidak, makan kita akan tergilas kemajuan zaman," ujar Bupati usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappeda Litbangda) Kabupaten Magelang, Drs. Sugiyono, M.Si sebagai leading sector penyelenggara Anugerah Krenova menuturkan, acara ini merupakan penghargaan kepada masyarakat yang telah melakukan suatu penemuan atau karya kreatif dan inovatif di bidang agrobisnis, pangan, energi, kehutanan, ruang hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan, obat-obatan, dan kosmetika. Selain itu juga di bidang pendidikan, rekayasa teknologi, kerajinan dan industri rumah tangga.

"Kriteria penilaiannya meliputi inovasi atau kreativitas, penerapan atau aplikasi di masyarakat, nilai manfaat, serta penguasaan materi pada saat pemaparan," jelas Sugiyono.

Sugiyono menambahkan, para peserta yang ikut dalam lomba Krenova tersebut berasal dari para siswa, mahasiwa, dan masyarakat Kabupaten Magelang, selain itu juga ada para dosen.

Para pemenang yang berhasil menjadi juara pada Anugerah Krenova yakni Juara l Heni Setyowati, judul karya Pain Digital Acupressure mengatasi nyeri persalinan, total hadiah Rp 4,5 juta; Juara ll Qomarudin dengan judul karya Keran 'Semata' sebuah upaya efisiensi pemanfaatan sumber daya air bersih secara hemat, murah dan sederhana, total hadiah Rp 4 juta; dan Juara lll diraih Fanny Aditya, dengan judul karya U Tree Flower Wifi dengan Hybrid Power, total hadiah Rp 3,5 juta.

Sedangkan Juara Harapan l diraih Agung Cahya Budi, dengan judul karya 'Ultravinic Desinfecter Agroproduct' dengan total hadiah Rp 2,5 juta; Juara Harapan ll Lilis Madyawati, dengan judul karya Bola Mamak, total hadiah Rp 2 juta; dan Juara Harapan lll Nurul Widodo, dengan judul karya penjemur portable bijian meningkatkan kualitas kopi, dengan total hadiah Rp 1,5 juta.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan Tanda 'Jempol' kepada empat lembaga Pendidikan Anak Usia Dini terpilih sebagai PAUD Unggulan di Kabupaten Magelang, yakni TK Kartika III 21 Secang, TK Negeri Pembina, PAUD Allah Jauhar Salam dan PAUD Bina Yoga Salaman.

Pemberian penghargaan Krenova kali ini merupakan puncak dari kegiatan seluruh lomba kreatif dan inovatif yang telah dimulai sejak Maret 2018.

Rangkaian kegiatan meliputi, Seminar Pendidikan Untuk Semua (PUS) bertema "Pendidikan Sepanjang Hayat, Pendidikan Untuk Semua" (17/12); Anugerah Krenova dan Workshop Pengembangan Ekonomi Lokal (18/12); Seminar bertema "Menelusuri Jejak Bencana Tektonik dan Vulkanik di Kabupaten Magelang (19/12); dan Seminar berteman Meningkatkan Akses Pendidikan Dasar (20/12).

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar