Kembali 23 Orang Positif Covid-19 Sembuh

Dilihat 2514 kali

BERITAMAGELANG.ID - Hari ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Magelang, Sabtu (10/10/2020) kembali bertambah. Jika kemarin ada 40 yang sembuh, kali ini ada 23 pasien positif yang sembuh. Delapan diantaranya berasal dari Kecamatan Secang, lima Mertoyudan, empat Muntilan dan masing-masing dua orang di Grabag dan Salam. Selain itu juga ada satu pasien di Kajoran dan Ngluwar.


Meski angka kesembuhan terus meningkat, namun penambahan jumlah pasien positif baru juga masih ada. "Hari ini ada delapan pasien positif baru. Tiga orang masing-masing dari Kaliangkrik dan Bandongan serta dua orang dari Mertoyudan. Dengan penambahan delapan baru dan 23 sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif ada 714 orang. Rinciannya, 30 dirawat di rumah sakit, 136 menjalani isolasi mandiri, 528 sembuh dan 20 meninggal," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Pihaknya berharap, angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif ini akan terus bertambah. Di sisi lain, angka penambahan diharapkan akan semakin turun. "Tidak dipungkiri, penambahan pasien positif akan terus ada. Hal itu karena adanya program swab masif. Namun kami justru senang, karena dengan adanya swab masif itu akan menemukan pasien positif yang sebelumnya tersembunyi. Ini bagus, sehingga bisa segera ditangani. Memang kemudian, angka penambahannya akan semakin banyak, tapi diakhirnya pasti akan menyenangkan," tegasnya.


Sementara terkait Pasien Dalam Pemantauan (PDP), saat ini tiga baru. Tersebar di Kecamatan Salaman, Ngablak dan Pakis. Selain itu juga ada dua PDP yang alih status menjadi positif. Keduanya dari Mertoyudan. Kemudian juga ada satu PDP yang meninggal dari Kaliangkrik. Meski demikian, saat  ini ada 9 yang sembuh. Tiga dari Muntilan, dua Ngablak, dan satu orang tersebar di Salaman, Bandongan, Kaliangkrik dan Dukun. "Dengan tambahan tiga baru, 9 sembuh, dua alih status ke positif dan satu meninggal itu, jumlah kumulatif PDP ada 571 orang. Rinciannya lima dirawat, 511 sembuh dan 65 meninggal," jelasnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya. (Bagyo)

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar