Kembangkan Industri Kreatif, Sambak Jadi Rujukan Desa Lain

Dilihat 2993 kali
Batagor instan dalam kemasan cup, salah satu hasil karya Desa Sambak Kajoran yang dipelajari Desa Sirahan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Desa Sirahan Kecamatan Salam melakukan kunjungan ke Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Mereka berjumlah kurang lebih 30 orang dan dipimpin Kepala Desa Sirahan, Muryono.


Kunjungan ini dilakukan untuk mempelajari proses pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sekaligus berkunjung ke sentra ekonomi kreatif. 


Kepala Desa Sambak, Dahlan membuka diskusi dengan memaparkan berbagai potensi dan sumber daya di desa yg ia pimpin. 


"Ke depan, Sambak akan menjadi salah satu desa wisata yang bisa mendatangkan banyak manfaat positif untuk warganya," kata Dahlan. 


Tempat-tempat yang dikunjungi meliputi instalasi biogas yang mengubah limbah tahu menjadi energi dan bisa menggantikan gas elpiji, industri batagor instant, juga menyaksikan proses pembuatan keripik singkong. 


Ketua BUMDes Kartadesa, Desa Sambak, Amron Muhzawawi menjelaskan, tujuan utama BUMDEs adalah memberdayakan dan menyejahterakan warga. Karena itu sebaiknya BUMdes tidak mendirikan unit usaha yang berpotensi menyaingi sektor usaha warga sekitarnya.


"Kalau sekedar mendapatkan untung, kita (BUMdes) bisa saja memonopoli kebutuhan proyek desa atau jualan sembako dan semacamnya. Tapi usaha-usaha seperti itu di desa kami sudah ada warga yang menjalankan. Kami tak mau mengganggu atau menyaingi mereka," jelas Amron. 


Maka, lanjut Amron, diperlukan kreativitas pengelola BUMdes untuk bisa menggali sektor-sektor ekonomi kreatif dengan menggali potensi yang ada di desa. 


Ketua KIM Desa Sambak, Kholik Kurniawan menambahkan, KIM berperan besar dalam mempromosikan potensi-potensi desa. Selama ini, kata dia, banyak tamu berkunjung ke Sambak karena awalnya tahu dari internet. 


"Semakin banyak konten-konten positif mengenai Sambak di internet maka akan semakin banyak pula yang penasaran datang ke sini," kata dia. 


Pihak Pemdes Sirahan mengaku mendapat banyak pengalaman baru dengan kunjungan ini. Salah satu hal yang membuat mereka kagum adalah semamgat para pemuda Sambak dalam membangun desanya. 


"Saya lihat pengurus BUMdes dan KIM ini masih imut-imut semua. Ini luar biasa. Di tempat kami anak-anak mudanya sibuk kuliah lalu kerja di kantoran," kata salah satu peserta kunjungan, Ganis, yang juga menjabat Kepala Seksi di Pemdes Sirahan.


Editor Fany Rachma

1 Komentar

Himawan 07 Oktober 2019 14:21
Utk limbah tahu, brp minimal rumah produksi (penghasil limbah) yg dibutuhkan ?

Tambahkan Komentar