Korban Hanyut Banjir Lahar Hujan Merapi, Ditemukan

Dilihat 1664 kali
Petugas gabungan membawa jenazah korban

BERITAMAGELANG.ID - Korban hanyut terseret banjir lahar hujan Merapi di Sungai Hulu Bebeng Kulon, Desa Kemiren Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang akhirnya ditemukan pada Selasa (7/12).


Penemuan berawal ketika penambang manual di lokasi kejadian menemukan bagian tubuh korban dengan bau yang menyengat. Selanjutnya penemuan tersebut dilaporkan kepada Polsek Srumbung.


“Penemuannya sekitar pukul 12.30 WIB. Kemudian kami kerahkan anggota untuk melakukan pengecekan dan evakuasi," kata AKP Sumino, Kapolsek Srumbung.


Sumino menjelaskan posisi korban pertama kali ditemukan dalam posisi telungkup dengan kaki tersangkut pada batu besar. Sehingga proses evakuasi sempat terhambat karena hal tersebut.


“Kami dibantu TNI, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban. Korban ditemukan sekitar kedalaman 2 meter, kemudian kami bawa ke RSUD Muntilan untuk dilakukan identifikasi untuk memastikan jika jenazah yang kita temukan adalah korban HS yang sempet hanyut kemarin," lanjutnya.


Setelah dilakukan identifikasi, menurut Sumino terdapat 12 titik kesamaan. Dan dari hal tersebut dapat dipastikan jika jenazah yang ditemukan adalah korban hanyut banjir lahar yang terjadi pada Rabu (1/12).


“Keluarga juga sudah ikut menyaksikan tadi di kamar jenazah RSUD Muntilan. Dan jenazah sudah kita serahkan kepada pihak keluarga. Untuk itu proses pencarian korban hanyut karena lahar hujan dihentikan," jelasnya.


Di saat yang sama, Kasi Humas Polres Magelang, Iptu Abdul Muthohir mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi agar lebih waspada dan hati-hati.


“Supaya hal ini tidak terjadi lagi, untuk yang beraktivitas di sungai yang berhulu di gunung Merapi agar waspada. Gunakan alat pendeteksi hujan atau alarm bahaya apapun jenisnya yang penting dapat membantu memberikan informasi kalau ada bahaya," ungkapnya.


Penemuan korban tersebut menurut Muthohir, adalah berkat kerja keras dan sinergitas yang baik antara semua pihak. Ia berharap sinergi itu terus berjalan dengan baik.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar